Portal Informasi Islam Dan Download PDF

3 Tips Belanja Online Dengan Aman

Semua aktifitas memerlukan tips dan trik, tidak terkecuali masalah belanja secara online. Kenapa? Karena akhir-akhir ini banyak contoh kasus dan kabar mengenai kerugian pembeli karena terlalu mempercayakan pada sebuah situs penjualan online. 

Sementara itu, tingkat penggunaan media online dalam berbelanja saat ini semakin pesat. Sehingga beberapa penyedia mengambil manfaat dan potensi ini, untuk memberikan pelayanan penjualan. Namun tahukah anda, dalam belanja online membutuhnya tips, agar anda yang melakukan transaksi tidak rugi.  Maka berikut ini kami berikan beberapa 3 Tips Belanja Online Dengan Aman.

3 Tips Belanja Online Dengan Aman
Tips Belanja Online
Sumber Foto : Free Image By Google

Apa Itu Belanja Online?

Disini kami tidak akan membahas tentang hukum belanja online, seperti pada tulisan sebelumnya: Transaksi Belanja Online Dalam Pandangan Islam

Namun alangkah baiknya, kita mengenali lebih dahulu apa itu belanja secara online? Bagi yang sudah paham istilah ini, silahkan lewati aja. Namun bagi yang belum mengetahui, baca baik-baik apa itu belanja online. Belanja online bisa diartikan sengan akad transaksi yang dilakukan oleh penjual dengan pembeli dengan media internet, dengan bahasa mudahnya transaksi jual beli di dunia maya. 

Paham kan? nah yang namanya dunia maya, tentu acapkali penjual dan pembeli tidak bertemu, apalagi mengetahui barangnya secara langsung. 

Sebagai contoh, saya ingin menjual Baju Muslim, dengan perantara salah satu penyedia penjualan online, taruhlah saya taruh iklan produk saya di tokopedia (www.tokopedia.com/‎) Sementara anda sebagai pembeli produk saya endak membelinya. Maka otomatis anda tidak bisa melihat saya secara langsung, pun juga hanya bisa melihat produk saya, tanpa dapat memgang layaknya penjualan didunia nyata. 

Oleh karena itu, apakah anda bisa menjamin bahwa produk baju yang anda beli benar-benar sesuai dengan angan-angan anda? dan bagaimana jika ternyata tidak sesuai dengan keinginan anda? apakah anda bisa komplain? 

Mungkin beberapa situs penyedia yang saya sebutkan diatas memberikan beberapa solusi ketika pembelian tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Tapi apakah anda tahu kalau penyedia yang lain demikian? belum tentu kan? Jadi bingung kan? Ini saya beri solusi deh, salah satu Kiat Memilih Model Baju Di Situs Belanja Online

Nah, untuk mengurangi resiko yang bisa merugikan anda sebagai penjual. Maka tidak salahnya jika anda mengikuti tips yang saya berikan ini. apa saja itu?


Tips Belanja Online

1. Kenali Situs Penyedia

Untuk mengenali situs, sebenarnya sangat sederhana, anda bisa melihat SOP (Standart Operasional) dari situs tersebut.  

Saya ambil contoh, kebetulan saya termasuk pelanggan dan pengguna tokopedia. disitu disebutkan beberapa penjelasan tentang situsnya.

"Tokopedia is the first internet company in Southeast Asia that succeeded to close US$100 million in funding from Softbank and Sequoia Capital. Softbank is the investor behind the success of Alibaba, while Sequoia Capital is the investor behind the success of Apple, Google, Instagram, WhatsApp and many other successful technology companies."
Sumber : https://www.tokopedia.com/about

Jika diterjemahkan kira-kira demikian:
"Toko pedia mrupakan perusahaan internet pertama yang dibangun di Asia Tenggara, dan mendapatkan investasi mencapai  $100.000.000 dari softbank (Investor yang berada dibalik kesuksesan Alibaba), dan Sequoia Capital (Investor yang berada dibalik kesuksesan produk Apple, Google, Instagram, WahtasApp, dan lain-lain)

Dari penjelasan ini, bisa kita pahami bahwa tokopedia sebagai salah satu penyedia belanja online dapat dipercaya. Namun timbul pertanyaan selanjutnya, bagaimana masalah perlindungan konsumen? Baik, silahkan anda perhatikan gamar berikut ini :


Dari fitur bantuan konsumen atau pelanggan tersebut diatas, kita bisa mengetahui apa yang harus dilakukan jika nantinya terjadi sesuatu, semisam barang tidak sesuai dengan pesanan, atau kurang dan lain sebagainya.

2. Cari Info Tentang Situs Penyedia

Jangan langung percaya pada situs penyedia belanja online, jika anda tidak ingin rugi. Maka saran kami, carilah informasi tentang situs tersebut. Bagaimana caranya? mudah, coba anda cari member / pelanggan yang pernah menggunakan jasa situs tersebut. Atau anda masuk keforum-forum diskusi. Dan bisa juga anda melihat review dari situs tersebut. Ingat, tingkat kerugian akan semakn kecil, jika kita sudah mengenali.

3. Kenali Barang Yang Hendak Dibeli

Setelah anda merasa serag, dan mantab pada sebuah situs penyedia, jangan juga terburu-buru membeli produk yang ditawarkan. Tapi kenali dulu produk tersebut, bagaimana caranya? mudah sekali. anda bisa mengikuti tahapannya berikut ini:
  • Lihat review produk baik oleh penyedia barang, atau oleh para pembeli sebelumnya. Namun bagaimana jika anda kebetulan pembeli pertama? maka lihat saja review produknya disitus lain.
  • Lihat kualitas dan jangan hanya terpaku pada kuantitas. Misalnya, di Toko A, dengan harga murah anda dapat banyak barang, namun mungkin saja kualitasnya yang redah. Rugi kan?
  • Lihat di Youtube.com. caranya silahkan kunjungi www.youtube.com, disini anda bisa melihat berbagai produk yang sudah direview dan biasanya bukan hanya berupa gambar, akan tetapi juga video.
  • Lakukan Sesuai Prosedur. Nah, yang terakhir ini mungkin sangat penting, karena banyak teman-teman yang tidak memperhatikannya, salah satu contoh, karena gengsi atau apalah, akhrinya merubah nama atau alamat, akhirnya pengirimannya pun terhambat. contoh lagi, justru tidak segera mengkonfirmasi pembayaran atau pembayaran yang telat, maka hal-hal demikian sangat tidak baik untuk dilakukan, kecuali jika anda ingin rugi.
  • Pantau perkembangan pembelian, biasanya pihak penyedia akan memberikan laporan tentang proses pembayaran, pengiriman bahkan ketika barang telah diterima. 
Demikian 3 Tips Belanja Online Dengan Aman yang bisa kami bagikan, sejujurnya topik ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan keluhan beberapa teman yang menjadi konsumen dibeberapa situs. Nah, jika sahabat memiliki tips yang berbeda, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Tag : Ragam
4 Komentar untuk "3 Tips Belanja Online Dengan Aman"

Pertama yang harus ditehaui dulu adalah latar belakang toko online tersebut, ini bertujuan untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan..
terimakasih tipsnya mas, ini sangat membantu.

betul kang, karena banyak resiko untuk belanja online, maka harus tetap waspada. terimakasih kunjungannya

setuju kang, saya juga suka nih belanja di Tokopedia. murah, nyaman, aman dan cepat sampe. :)

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

loading...
Back To Top
close
Panduan Downlad