Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Tafsir Yasin / Tafsir Hamami [Makna Jawa]


Galeri Kitab Kuning - Setelah sebelumnya kami berikan informasi tentang Tafsir al-Durru al-Mantsur Karya Imam Suyuthi Kembali kami hadirkan sebuah kitab yang seringkali dibaca dikaji dan dipelajari khususnya di Pondok Pesantren. Kitab yang dimaksud adalah Tafsir Surat Yasin, atau biasa dikenal dengan Tafsir Hamami. 

Disebut Tafsir Yasin, dikarenakan kitab ini memang mengulas tafsir dari surat ke-36 yakni surat Yasin, dengan jumlah ayar 83 ayat. Selain itu kitab ini juga dikenal dengan istilah Tafsir Hamami. Kenapa demikian? karena dinisbatkan / disandarkan kepada penulisnya yaitu Syaikh Hamami Zadah.

Sekilas Tentang Surat Yasin
Adapun Asbabu Nuzul Surat yang masuk dalam kategori Makkiyah ini, bahwa suatu ketika Orang kafir berkata, bahwa (Nabi) Muhammad bukanlah seorang Nabi, apalagi seorang utusan, melainkan hanya anak yatim yang diasuh oleh kakeknya yaitu Abu Thalib. Bahkan mereka (kaum kafir) menegaskan bahwa Muhammad tidak pernah belajar, tidak pernah mengenyam pendidikan dari seorang guru. Maka bagaimana mungkin dia (Muhammad) menjadi seorang Nabi?. Sikap orang-orang kafir yang ingkar terhadap Nubuwwah Rasulullah pada saat itu terus berlangsung. Dan akhirnya Allah swt. membantah tudingan mereka, dan akhirnya menurunkan Surat Yasin ini.

Dan berikut ini salah satu keistimewaan Surat Yasin yang dijelaskan dalam muqaddimah Kitab Tafsir Hamami, Yaitu :
  • Surat Yasin merupakan jantung dari al-Quran
  • Barang siapa yang membaca Surat Yasin, maka Allah akan menuliskan untuknya setiap 1 kali bacaan tersebut seakan-akan dibaca 10 kali.
  • Sabda Rasulullah saw. " Bahwa Allah swt. Telah membaca Surat Yasin dan Surat Thaha 2000 Tahun sebelum menciptakan Langit dan Bumi. dan ketika para malaikat mendengar hal ini, mereka berkata "Betapa bahagianya Umat Muhammad saw. yang mana telah diturunkan dua surat tersebut (Surat Yasin dan Surat Thaha), Betapa bahagianya orang yang hafal kedua surat tersebut, dan betapa bahagianya orang yang membacanya"
  • Sabda Rasulullah saw. "Sesungguhnya Penduduk surga tidak membaca apapun dari al-Quran kecuali Surat Thaha, Yasin dan al-Rahman"
Jika diperhatikan, tafsirr ini tidak sepenuhnya menggunakan riwayat-riwayat sebagai penafsirannya, seperti halnya ciri khas dari Tafsir bi al-Ma'tsur. Namun juga tidak sepenuhnya menggunakan pemahaman Mufassir, sepertihalnya ciri khas dari Tafsir bi al-Ra'yi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Tafsir Yasin  atau lebih dikenal dengan Tafsir Hamami ini masuk dalam kategori Tafsir yang mengkolaborasikan kedua macam tafsir tersebut. Hal tersebut berarti tidak jauh berbeda dengan beberapa tassir berikut :


Apakah anda sudah mengetahui hal tersebut? dan pernah mempelajari Kitab Tafsir Yasin ini? Jika ingin memilikinya, maka anda sangat tepat telah membaca tulisan ini. Karena kami akan menyediakan link download secara gratis dan dilengkapi dengan Makna Jawa.

عنوان الكتاب : تفسير سورة يس
المؤلف : الشيخ حمامي زادة
Name Of Book : Tafsir Surat Yasin / Tafsir Hamami
The Author : Syaikh Hamami Zadah
File : PDF
Size : 21.3 MB
Publisher : Ma'had Islami Salafi
Uploaded By : Abdurrohim Rhasya
Download From : archive.org


4 komentar untuk "Download Tafsir Yasin / Tafsir Hamami [Makna Jawa]"

  1. Terima kasih.... saya gak perlu lagi bawa kitab cukuo dengan bawa kitab virtual ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. Semoga tafsir hamami pakai makna jawa ini bermanfaat

      Hapus
  2. adakah biografi Syaikh Hamami Zadah? sangat diperlukan. bila mengetahui tolong kontak email berikut ffarha41@gmail.com. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Ini ada terjemahan ke indonesianya?

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini