Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Kumpulan Karya Syaikh Zakaria al-Anshari

Kumpulan Karya Syaikh Zakaria al-Anshari

Galeri Kitab Kuning - Perkembangan fiqih dari hari kehari semakin pesat. Tercatat ribuan ulama yang terkenal dibidang fiqih ini. Diantara mereka ada yang karyanya masih bisa kita nikmati dan kita baca sampai saat ini. Namun ada pula yang justru kita hanya mendapatkan kabar, dan beberapa kutipan fatwanya saja. Mungkin nama ulama ini tidak sering dikenal oleh sebagian orang, namun kalau dikalangan pemerihati Islam, Nama Syaikh Zakaria Anshari sangat terkenal. Banyak sekali Kitab dan Karangan Zakaria Anshari yang menjadi rujukan dan kajian diberbagai komunitas Islam. Berkenaan dengan hal ini, kali ini Galeri Kitab Kuning sebagai salag satu situs yang menyediakan Kitab dan Buku Gratis PDF, akan berbagi Kumpulan Kitab Syaikh Zakaria al-Anshari. Kitab apa sajakah itu?

Biografi Singkat Syaikh Zakaria al-Anshari

Sebelum ketopik utama, perlu kami bagikan sekilas tentang Syaikh Zakaria al-Anshari, karena mungkin diantara kita masih belum banyak mengenal siapa sebenarnya sosok syaikh zakaria al-Anshari itu, nama seorang Zakaria Anshari semakin mencuat dan terkenal dengan bebagai macam karya diberbagai disiplin ilmu. Ulama yang tercatat trmasuk Mujaddid abad ke-9 H ini, lahir di Sunaikah, sebuah desa yang terletak di sebelah timur Mesir. Tidak ada data autentik mengenai waktu dan tanggal kelahirannya. Namun, dari sumber yang berhasil kami himpun, Syaikh Zakaria A-Anshari pada masa remaja telah belajar di Mesir.

Kecerdasan dan kesungguhan dalam belajar ternyata menarik simpati para pembesar Mesir pada saat itu, hingga akhirnya ulama yang dikenal sebagai sufi besar ini beberapa kali diminta untuk menjadi Mufti Agung, namun beberapa kali pula beliau menolaknya. Hingga akhirnya beliau berkenan menduduki posisi sentral tersebut pada sekitar bulan Rajab, tahun 886 Hijriyah.

Salah satu cerita masyhur dikalangan para ulama tentang Syaikh Zakaria al-Anshari ini yakni tentang kesabaran dan ketabahannya dalam menuntut ilmu. Suatu ketika beliau bercerita, bahwa semasa belajar dan menuntut ilmu di Mesir beliau sering kelaparan, bahkan tidak jarang mencari kulit semangka ditempat sampah, untuk sekedar dimakan demi mengobati rasa lapar yang dahsyat. Kebiasaan ini telah dilakukannya berulang kali, hingga suatu hari beliau didekati oleh salah satu Waliyullah, dan memberikan sebuah bisyarah (kabar gembira), bahwa dia kelak akan menjadi pemimpin para ulama, namun akan buta.

Apa yang disampaikan oleh Waliyullah ini ternyata terbukti, pada saat beliau menjadi rujukan para ulama, ternyata tersiar kabar bahwa salah satu putranya meninggal dunia dalam sebuah iniden kecelakaan kapal laut. Berita duka tersebut menyebabkan Syaikh Zakaria al-Anshari sangat sedih, dan selalu menangis. hingga menyebabkan pengelihatannya mulai kabur.

Sebagai seorang Hakim Agung, Zakaria al-Anshari dikenal sebagai ulama yang tegas, dan adil. Beliau tidak segan-segan menegur atasan apalagi bawahannya. Sifat ini pula, yang menyebabkan beliau dipecat, lantaran barani mengkritik raja pada saat itu. dan beliau juga dikenal sebagai 

Syaikh Zakaria al-Anshari wafat pada 1423 Masehi, atau tepatnya pada hari jum'at, tanggal 4 Dzul Hijjah tahun 926 H. Beliau meninggalkan berbagai macam karya yang sampai saat ini dipelajari dan diajarkan bahkan dikaji diberbagai lembaga pendidikan Islam. Beberapa karyanya bukan hanya pada satu disiplin ilmu, misalnya beliau memiliki karya dibidang Tafsir, Ushul Fiqih dan Fiqih, khususnya Fiqih Madzhab Syafi'i.

Kumpulan Karya Zakaria al-Anshari

1. Kitab Matan al-Manhaj, Kitab ini menjelaskan dan menerangkan permasalah seputar fiqih.
2. Asnal Mathalib, Juka kitab yang menjelaskan tentang fiqih, terdiri dari 4 juz.
3. Hasyiyah al-Jamal, Masih tentang Fiqih. terdiri dari 5 Jilid.
4. Ghayatu al-Wushul, Kitab tentang Ushul Fiqih
5. Fathul Wahhab, Juga membahas tentang fiqih yang terdiri dari dua Juz
6. Tuhfatu al-Muhtaj. Masih tentang Fiqih, terdiri dari dua Juz
6. Tuhfatu al-Thullab, atau dikenal dengan Kitab Tahrir. Juga membahas tentang fiqih, dan telah diberi penjelasan dengan luas, dalam bentuk kitab bernama Hasyiyah al-Syarqowi

Demikian informasi tentang Kumpulan Karya Syaikh Zakaria al-Anshari semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan tentunya menambah wawasan. terimakasih.
2 Komentar untuk "Kumpulan Karya Syaikh Zakaria al-Anshari"

ilmu yang sangat berguna nih, kadang bisa di jadikan referensi oleh para mahasiswa

Betul kang Dzaky, namun mungkin yang banyak mencari kitab karya Syaikh Zakaria Anshari ini, para ustadz-ustadz kang

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

loading...
Back To Top
close
Panduan Downlad