Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blogger Dari Awal Sampai Selesai

Cara Membuat Blogger Dari Awal Sampai Selesai - Alasan saya membuat judul seperti ini, lantaran masih banyak teman yang suka online namun tidak tahu apa yang dinamakan blogger, dia hanya menjadi penonton bukan pemain. Hanya jadi pengunjung, tidak mau menjadi pemilik blog. 

Harapan saya, setelah anda membaca tulisan saya ini, diharap bisa memahami dan mengubah image selama ini. "Menjadi produsen, bukan hanya konsumen".

Dan sebenarnya tulisan ini juga saya dedikasikan dan sebagai rasa kegembiraan menyambut HARDIKNAS Hari Pendidikan Nasional, yang jatuh pada tanggal 2 Mei ini. Dengan harapan berbagai potensi blog bisa bermanfaat untuk generasi muda

Dan pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas topik yang rumit, misalnya tentang Cara Menaikkan Traffic dengan Meta Tag. Saya hanya ingin memberikan tutorial cara membuat blog. udah itu saja, yang lain mah bisa nyusul.

Sebelum saya lanjutkan, maksud membuat blogger adalah membuat blog, melalui blogger, Ingat itu. Baiklah, sesuai dengan judul, akan saya uraikan beberapa topik berikut ini, secara gamblang dan jelas


Cara Membuat Blogger Dari Awal Sampai Selesai

1. Apa itu Blogger.

Anda tahu google? jika anda menemukan tulisan saya ini melalui google, berarti anda sebenarnya sudah menggunakannya. Ya, google merupakan mesin pencari, search engine. Maksudnya apa ya?

Misalnya nih, saya mau cari "makanan sedap", maka google bertugas untuk mencari kata-kata yang didalamnya memuat "Makanan Sedap". Paham? Jadi Google, merupakan sebuah alat yang berfungsi mencari kata, atau apapun yang diinginkan oleh penggunanya.

Lantas apa hubungannya antara google dengan blogger? Yap, google saat ini menjadi salah satu perusahaan yang sangat besar, dan bermarkas di Amerika Seikat, setara dengan facebook lah. 

Sebagai perusahaan tentu punya produk kan? Nah, Blogger merupakan salah satu produk unggulannya. Apa produk lainnya? banyak, ada gmai, youtube, google maps, google drive dan masih banyak lagi.

Lantas apakah blogger itu? Blogger merupakan layanan untuk membuat blog, dengan beragam fasilitas didalamnya. Intinya kayak gitu.

NB : Blogger, bukan berarti kata sifat [adjective] bagi orang yang punya blog, tapi sudah diakusisi sebagai brand. ingat itu.

2. Apa Manfaat Blogger

Kalau berbicara manfaat, berarti kita harus mengetahui dari berbagai pengguna blogger. Tidak usah jauh-jauh, saya akan berbagi pengalaman mendapat manfaat dari blogger.

a. Meningkatkan keratifitas

Blog akan bermanfaat, ketika dia mau mengisinya dan mendesignya. Caranya bagaimana? tentu disini seorang blogger dituntut untuk banyak bertanya kepada yang sudah berpengalaman, atau bisa dengan membaca berbagai macam panduan dari berbagai sumber.

Setelah melalui tahap banyak bertanya dan mendapatkan informasi, barulah mulai mengutak-atik blognya, mudah. Jadilah seorang yang kreatifitas, baik dalam tulisan ataupun dalam designnya.

b. Membangun relationship

Jangan anggap blog bagaikan papan majalah dinding, yang hanya dipampang saja. Blog bisa membangun relasi. Caranya bagaimana? salah satunya dengan blogwalking. Apa itu Blogwalking?

Blogwalking adalah aktifitas betamu, diskusi dan saling berkomentar yang dilakukan oleh para pemilik blog. Dengan begitu terbangunlah relationship tersebut.

c. Berbagi Info dan Publikasi Produk

Sebagian blogger ingin membagikan berbagai informasi saja, namun sebagian lagi juga ingin mempromosikan berbagai produknya.

Contoh, anda punya sebuah barang yang akan dijual, anda bisa menggunakan blogger sebagai medianya. Paham kan? tak perlu saya jelaskan panjang lebar deh.

d. Dapat Uang

Siapa yang tidak mau nulis dapat uang? ngaku ! jika tidak mau, berarti anda tidak seperti kebanyakan blogger.

Terus terang untuk point ini bukan pengalaman pribadi saya, tapi dari master atau pemain lama didunia blogger. 

Apakah anda mulai tertarik membuat blogger? lanjut kepoin intinya.

3. Bagaimana Cara Bikin Blog di Blogger.

Langsung saja ya? setidaknya ada dua hal yang perlu anda pahami baik-baik.

a. Sebelum Membuat Blogger


  • Anda Harus Punya Email


Persiapkan Email, ya anda harus punya email. baik dari yahoo, roketmail, ataupun gmail. Namun saya rekomendasikan anda membuat email di gmail.


  • Tujuan Membuat Blog

Tancapkan pada diri anda, apa tujuannya. Saran saya jangan hanya sekedar punya blog, tapi tidak diisi. Sama saja anda punya rumah, tapi tak berpenghuni, akhirnya kayak rumah hantu. hehe


  • Tentukan Tema

Kenapa tema ini penting? kriteria ini erat kaitannya dengan sebelumnya, jika blog anda berisi berbagai macam topik dan tidak fokus, berarti tujuan anda punya blog tidak jelas. dan sebagai catatan, nantinya google sebagai mesin pencari pusing melihat blog anda.

Jika memang anda punya beberapa tema, maka saran saya, gunakanlah tema besar, sebagai contoh MAKTABANA, blog ini khusus memuat download kitab versi PDF, itu saja. 

Contoh lagi, Portal Uang, blog ini   berisi Panduan, cara dan trik mendapatkan penghasilan dari internet, tips Google Adsense, Tips Youtube dan sukses membangun blog. Tentu blog ini tidak akan bahas tentang topik agama ataupun politik, kecuali jika ada hubungannya, itupun sedikit sekali.

Ini yang disebut dengan one niche,  satu maksud, satu tema, atau satu pembahasan. Jika anda terlanjur punya blog dengan berbagai tema, buatlah tema besarnya.

Contoh, Galeri Kitab Kuning, awalnya blog ini khusus untuk download kitab kuning versi PDF, namun akhirnya berkembang, maka menjadi Situs Penyedia Informasi Islam Dan Download Kitab dan Buku PDF Gratis Dan Informasi Penting Lainnya.

Didalamnya bukan hanya menyediakan download kitab kuning, namun juga resensi dari kitab dan buku, penjelasan PDF converter, bahkan tentang informasi busana, namun tetap diusahakan berada pada topik informasi Islam. 

Bahkan saat ini juga berkembang pada topik blog,  seperti yang anda baca saat ini. kenapa? lantaran situs ini berada di blogger. bukan dipapan pengumuman sekolah, hehehe.

Agar blog anda nantinya tidak dianggap campursari, mending anda gunakan satu tema hanya pada stu blog, dan jika ingin membuat tema lagi, maka otomatis buatlah blog baru

b. Saat Membuat Blogger

Jika persiapan sebelum memulai bikin blog sudah selesai, maka ikuti langkah berikut ini :
Tuju situs blogger di alamat http://blogger.com

  • Login dengan email anda [gmail]
  • Klik tulisan blog baru, disitu anda akan menemukan dua kolom. Kolom pertama, adalah nama blog anda. sedangkan kolom kedua adalah alamat url blog anda. 
  • Jika sudah menemukan icon centang berwarna abu-abu, berarti url yang anda masukkan tersedia. 
  • Pilih template yang disediakan
  • kemudian klik buat blog. Pada tahapan ini, anda sudah memiliki blog, lengkap dengan nama dan url.



Catatan : Tampilan blog pada tahap ini masih bersifat default atau bawaan langsung dari blogger. Maka dibutuhkan template atau themes blog [intinya tampilan blog, atau bajunya blog]

Bagaimana cara pasang template pada blogger? Nah ini penting untuk anda catat. Dulu, mungkin yang terpenting tampilan bagus, walaupun memberatkan. Nah saat ini ada istilah di dunia blogging, template Seo Friendly, Mobile Friendly plus Responsive.

Bingung? sudah intinya tampilan blog haruslah mudah diakses oleh hanphone, kenceng alias fast loading, dan yang terpenting mudah dilihat oleh google sebagai search engine.

c. Setelah Membuat Blogger

Apakah setelah blog selesai, berarti tugas anda selesai? tentu saja tidak. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan guna kelengkapan blog. Berikut ini tugas pentingnya :
  • Cara Mengganti Tampilan / Baju Blog pada Blogger
  • Menulis Artikel Di Blog
  • Menambahkan beberapa widget, seperti Artikel Terbaru [resent post], Artikel Populer [Popullar Post], Menambahkan Beberapa halaman penting, seperti Tentang Blog [About], Kontak pemilik blog [contact], Privacy Policy, Disclaimer, Dan Peta Situs atau daftar isi [sitemap]
  • Mendaftarkan blog ke Submit blog ke Webmastertools, Bing, dan mendaftarkannya ke Alexa.
Bagaimana? mudah kan bikin blog di Blogger? Semoga tulisan ini bisa mempermudah para sahabat yang mau masuk kedunia blogger.

Untuk beberapa point tersebut akan saya jelaskan dikesempatan yang lain.Oleh karenanya tulisan berikut ini akan membahas cara mengganti tampilan / template blog. Cara Mudah Menagganti Template / Tampilan Blog Agar Responsive


Update 
Untuk melengkapi tulisan ini, sebenarnya saya sudah banyak memberikan langkah-langkah agar blog sahabat bisa profesional. berikut ini beberapa tulisan lanjutannya :

  1. Cara Lengkap Pasang Iklan Google Adsense Di Blogger
  2. Cara Cepat Agar Terindeks Google Dengan Webmaster Tools
Ok, jika ada update terbaru, InsyaAllah akan saya jelaskan. Jika ingin tau materi-materi blog, silahkan klik kategori Tips Blogger pada blog ini.

30 komentar untuk "Cara Membuat Blogger Dari Awal Sampai Selesai"

  1. Postingannya meng-inspirasi bagi yang belum memiliki dan belum tau tentang blog kang...semoga dengan membaca tulisan ini masyarakat Indonesia semuanya termotivasi menjadi blogger...tapi kalau semuanya jadi blogger, siapa yg jadi pembacanya ya...haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. jang khawatir kang, masih banyak yang akan membaca, mungkin dengan cara blogwalking dan silaturrahmi

      Hapus
  2. Iyaa yaa betul itu mas tidak semua orang mau menjadi blogger, alasannya pasti bermacam-macam. Yang sudah punya blog tinggal memelihara dan merawat blog supaya bisa memberi manfaat lebih bagi semua. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, daripada online hanya main-main, lebih baik ngelola blog, selain bisa berbagi hal yang bermanfaat bisa mendapat hal yang bermanfaat pula

      Hapus
    2. merawat dan ngelola blog buat saya masih belom bisa konsen kang, masi suka mood-mood'an deh

      Hapus
    3. Hehehe sama kang, maklum manusia kang

      Hapus
  3. Hmm kalau pengalaman saya pertama kali masuk dunia blog waktu itu saya online hanya main game online tapi makin kesini saya pikir pikir ternyata online hanya main game online itu tidak ada manfaatnya juga ya, dari sana lah saya kenal blog dan mulai dari situ saya mencoba blog yang pertamanya saya belum begitu pahan tapi alhamdulillah makin kesini jadi lebih tau lagi tentang blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang, tulisan ini akan terus berlanjut kan, harapannya agar teman-teman yang online tapi hanya main-main saja bisa tergugah untuk lebih memanfaatkannya, salah satunya denganenulis di blog

      Hapus
  4. Pembahasan cara membuat blog cukup lengkap banget nie mas, Alhamdulillah kal cara membuat blognya mah terbilang gampang yah mas yang susah itu mengelolanya bagi saya mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulisan ini akan terus berlanjut mas, termasuk akan ada tulisan tentang trik mudahengelola blog hehe

      Hapus
  5. lengkap banget nih mas.! memang tlaten sampean. wajar kalau postingannya sangat berkualitas banget mas.!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kang admin bos, pemula mas, ini aja tulisan aslinya udah banyak ditemukan

      Hapus
  6. Waw mantap sekali nih mah, komplit kang saya membacanya juga serius dari awal sampai akhir mantap :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kang sudah membaca, semoga ada ilmu yang bisa anda peroleh...

      Hapus
  7. Pastinya artikel ini sangat bermanfaat Kang... Buat mereka yang mau mulai jadi blogger....

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa menambah ilmu pengetahuan. namun sayang yang komen justru para masters bloggere nih

      Hapus
  8. ini simple sih, tapi penjelasannya detail jadi gak bikin bingung untuk orang awam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa lagi bagi master kayak anda kang hehehe

      Hapus
  9. Lengkap bin komplit bin full bin cool, mas rohim :) (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak, semoga saja para pemula bisa mendapatkan manfaat dari cara membuat blogger ini

      Hapus
  10. Artikel ini lengkap dan panjang, seluk beluk dan lika-liku blog terangkup dalam satu artikel. Aku niat ngeblog ingin mencari uang. Dan ternyata belum bisa menghasilkan uang, agak patah semangat sebenarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan patah semangat bang, blogger senantiasa memberikan peluang, dan jika ada kerja keras pasti ada hasilnya

      Hapus
  11. Artikelnya komplit sekali mas, sangat bagus dan membantu sekali untuk panduan para blogger baru. Salam dan sukses terus untuk blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak febe, semoga saja mbak, para pemula ada yang kesasar kesini, dan mendapatkan sedikit manfaat, kalau banyak tambah bagus. sehingga bisa membuat blog dari blogger

      Hapus
  12. kang izin bookmark tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kang oim. mogaanfaat ya sausara kembarku hehehe

      Hapus
  13. Uraian yang lengkap dan sangat membantu, Mas. Konten blognya juga ciamik banget. Mumtaz... :) (y)
    Salam ukhuwah

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam ukhuwwah juga mas, semoga benar-benar bermanfaat mas. yang jelas panduan cara membuat blogger diatas asline bukan untuk sampean yang sudah ahli mas, tapi itu sebenarnya catatan saya saja mas

      Hapus
  14. saya ngaku deh, pingin dapat uang hihihihihi. Tapi belum dapat dapat ada yang mau ngasih? *ehhhh* salah ruang ya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ups jangan ngaku didepan umum mbak, walaupun itu rahasia umum hehe

      Hapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini