Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Amalan Sunah Pada Bulan Ramadhan Yang Perlu Diketahui

Sahabat Galeri Kitab Kuning sebentar lagi kita akan memasuki bulan penuh ampunan, ya Bulan Ramadhan. Dimana amal yang baik akan dilipat gandakan pahalanya. Betul?

Mungkin semacam kata diatas sudah seringkali kita dengar, baik dari guru, para penceramah maupun dari hasil bacaan sendiri.

6 Amalan Sunah Pada Bulan Ramadhan Yang Perlu Diketahui


Bulan Ramadhan sendiri memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki bulan-buan yang lain, seperti keutamaan Bulan Sya’ban yang pernah saya jelaskan.

Namun, mungkin masih banyak diantara kita yang belum mengetahui amalan-amalan Sunnah pada bulan yang dikenal dengan bulan al-Quran ini, padahal sebentar lagi kita akan masuk puasa Ramadhan lho.

Oleh karena itu, kali ini akan saya jelaskan secara terperinci. Semoga nantinya bisa kita amalkan bersama-sama.

6 Amalan Sunah Pada Bulan Ramadhan

Amalan Sunah, berarti amalan yang memiliki nilai lebih da dianjurkan. Beda halnya dengan kewajiban seperti rukun, yang jika tidak dikerjakan, selain akan berakibat batal juga akan berdosa.

Masalah syarat dan rukun, sudah saya rangkum penjelasannya dalam tulisan terdahulu, silahkan baca: Penjelasan Lengkap Puasa Ramadhan

1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Orang yang segera berbuka puasa ketika sudah benar-benar masuk waktu maghrib atau terbenamnya matahari, berarti dia telah mendapatkan kesunnahan.

Bukan hanya itu saja, Berbuka puasa sendiri masuk dalam kategori satu diantara dua kebhagiaan yang diberikan Allah swt. Kepada hambanya yang berpuasa. Kebahagiaan yang satunya adalah ketika kelak dijamin akan bertemu denganNya.

Berikut ini adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika hendak berbuka puasa:


اللهم لك صمت وعلى رزقك أفطرت وبك آمنت وعليك توكلت ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله. يا واسع الفضل إغفر لي, الحمد لله الذي أعانني فصمت ورزقني فأفطرت, الهم وفقنا للصيام وبلغنا في القيام وأعنا عليه والناس نيام وأدخلنا الجنة بسلام

Ya Allah, Karena kamu aku berpuasa, atas rezekimu aku berbuka puasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah diri / bertawakkal, haus telah hilang, urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan atas kehendak Allah swt.

Wahai Dzat yang maha luas keutamanNya, ampunilah [dosa] aku, Segala Puji Bagi Allah, Dzat yang telah memberiku bantun sehingga aku berpuasa, telah memberiku rezeki sehingga sehingga aku sapat berbuka puasa.

Wahai Allah, berilah kami taufiq agar [mampu] berpuasa, dan sampaikanlah kami agar dapat menunaikan shalat malam, berilah kami pertolongan agar dapat melakukan ibadah tersebut, disaat manusia tidur, dan semoga engkau memasukkan kami kedalam surga dalam dengan selamat.

Pada tulisan selanjutnya akan kami bahas masalah menu yang dianjurkan untuk dimakan saat berbuka puasa, dan hal pnting lainnya, misalnya hukum puasa seseorang yang ragu waktu masukknya shalat maghrib pada saat berbuka puasa.


2. Mengakhirkan Makan Sahur

Mungkin kita suda tahu bahwa sahur berfungsi agar seseorang bisa lebih kuat dalam menjlankan puasa pada siang harinya.

Namun yang perlu dicatat, Sahur sendiri mengandung pahala Sunnah, begitu juga “meng-akhirkan-nya”. 

Jadi ketika seseorang sahur, maka dia mendapatkan pahala, begitu juga ketika dia mengakhirkan sahurnya, dia mendapatkan pahala Sunnah yang lain.

Nah, kapan seseorang dikategorikan termasuk orang yang bersahur? Ini penting diketahui, karena banyak yang beranggapan makan setelah shalat tarawih, dianggap sudah termasuk sahur, padahal tidak demikian.

Orang dianggap sahur, jika dia makan diatas jam 12 malam. Artinya, makan sebelum malam sebelum jam 12 malam tidak dianggap sahur.

Adapun mengakhirkan sahur, hingga hamper menjelang fajar Shadiq tiba, adalah hal membedakan sahur pada Umat Rasulullah saw. Dengan umat terdahulu.

Pasalnya, umat-umat terdahulu dilarang makan sebelum tidur dan sebelum melebihi jam 12 Malam.

Lantas menu makanan apa yang dianjurkan dimakan ketika sahur? Adapun menu makanan sahur yang dianjurkan tidak jauh berbeda dengan menu ketika berbuka puasa.

Catatan: 
Sunah sahur tidak hanya didapat dengan makan satu porsi seperti biasanya, walaupun kita hanya minum segelas air, itu sudah dianggap sahur dan mendapatkan pahala kesunnahannya.

Sunah mengakhirkan sahur dibatasi sampai seseorang tersebut merasa ragu, apakah waktu imsak sudah masuk atau belum. Jika sudah ragu, maka hilang sudah Sunah sahur tersebut.

Jadi bagi yang khawatir kesiangan atau tidak mengetahui waktu Imsak, temukan jadwalnya di artikel sebelumnya : Jadwal Imsak dan Shalat Online, yang berlaku sepanjang zaman, dan bisa menampilkan data dari seluruh kota diwilayah Indonesia

3. Menghindari perkataan kotor

Perlu ditegaskan disini, perkataan kotor seperti bohong, ngerasani [membicarakan aib orang lain], atau mengadu domba, pada hakikatnya memang diharamkan dan wajib dijauhi.

Namun kaitannya dengan puasa, seseorang disunahkan untuk meninggalkan perkataan kotor tersebut. Adapaun jika tetap melakukan perkataan kotor, maka akan mendapatkan dosa. Hanya saja tidak sampai membatalkan puasa.

4. Memperbanyak baca al-Quran atau darusan

Sebagaimana banyak kita ketahui, bahwa Bulan Ramadhan memiliki julukan bulan al-Quran, lantaran didalamnya pernah diturunkan al-Quran, ke Lauh Mahfudz.

Selain itu, Rasulullah saw. Ternyata senantiasa Tadarus/ Darusan bersama malaikat Jibril setiap malam di Bulan Ramadhan.


5. I’tikaf, khususnya pada sepuluh akhir dibulan puasa Ramadhan

I’tikaf sebenarnya tidak harus pada saat blan Ramadhan. Namun khusus bulan Ramadhan, I’tikaf lebih dianjurkan lagi. Kenapa?

Karena Rasulullah saw. Mengamalkan hal ini. Jadi I’tikaf tersebut dilakukan karena semata-mata karena Allah swt, dan mengikuti Sunnah Rasulullah saw.

Dan yang terpenting, mudah-mudahan kebetulan akan mendapati Malam Lailatul Qadar.

6. Memperbanyak Shadaqah

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, bahwa Puasa tidak hanya memiliki satu dimensi saja. Namun juga ada pesan dimensi social.

Diharapkan kita bisa memiliki rasa simpati kepada sesama. Sementara itu, sedekah sendiri memang sudah dianjurkan dalam agama.

Namun khusus Bulan Ramadhan, Islam lebih menganjurkan, hal ini sesuai dengan yang diperaktikkan baginda Rasulullah saw.

Beliau lebih semangat lagi bersedekah pada Bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan yang lain.

Tulisan ini, sepenuhnya saya ringkas dari kitab Hasyiyah al-Baijuri Juz 1 Halaman 549 - 565

Baca juga :
Hukum Menelan Riak saat berpuasa
Hukum Puasa bila Lupa Niat

Semoga tulisan 6 Amalan Sunah Pada Bulan Ramadhan ini bisa menambah pengetahuan kita bersama, dan tentunya bisa kita amalkan dibulan Ramadhan ini. Amin.

9 komentar untuk "6 Amalan Sunah Pada Bulan Ramadhan Yang Perlu Diketahui"

  1. tak terasa tinggal 1 hari lagi kita akan berpuasa,semoga ibadah kita diterima disisi alloh swt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul,.. amin ya Allah .. semoga diberi kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa, dan mengamalkan kesunnahannya juga amin

      Hapus
  2. Apik blognya kang,kapan bisa bikin blog yg bagus hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kang Aji, pean juga bisa kang bagun blog lebih dari ini. semangat kang aji. and happy blogging

      Hapus
  3. Semua amalan di atas akan coba saya amalkan semampu mungkin kang :) semoga kita semua mendapatkan jalan untuk pengamalan nya serta di beri kesehatan agar bisa menjalankan amalan-amalan tersebut .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin kang, saya juga sedang mengamalkan kang,.,, semoga bermanfaat

      Hapus
  4. Yapp ane setuju mengakhirkan waktu sahur, sama kaya kebiasaan ane yg paling suka sahur menjelang waktu subuh, kira2 tersisa 10 menit lagi hehe, hitung2 menjelang waktu akhir sahur hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau memang biasa mengakhirkan sahur, tidak salahnya sampean punya jadwal Imsak dan Shalat kang, saya punya tulisan tentang itu

      Hapus
  5. Kurang satu lagi sunnah dalam bulan ramadhan, yakni shalat tarawih

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini