Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buka Puasa Ala Nabi Yang Perlu Diketahui

Buka Puasa Ala Nabi ~ Berbuka merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh orang yang berpuasa,dalam berbuka  biasanya kaum muslimin sigap dalam menyiapkan makanan-makanan yang akan dihidangkan.tapi,perlu digaris bawahi bahwasannya jangan sampai melebihi batas.

Buka Puasa Ala Nabi Yang Perlu Diketahui


Biasanya ummat islam sering kali menyiapkan makanan yang terhitung berlebihan untuk menu buka puasa,sehingga tidak jarang berkibat fatal bagi kesehatan seperti gangguan pencernaan,perut mulas,juga masih banyak lagi hal-hal lain yang dikarenakan berbuka secara berlebihan.

Di Indonesia menu buka puasa dengan semacam kolak atau es dan lain-lain yang mencakup makanan atau minuman yang menyegarkan telah menjadi tradisi baik dikalangan pedesaan atau perkotaan.

Maka dari itulah akan kami uraikan tentang tatacara dalam berbuka puasa sekaligus makanan dan minuman apa yang paling afdhal untuk berbuka menurut syari’at islamSebagaimana yang telah rasulullah ajarkan kepada kita khususnya ummat muslim.

Berikut tatacara berbuka puasa yang baik ala rosululloh dan sesuai dengan ajaran islam:

1. Berbuka sebelum melaksanakan shalat magrib


Hal ini merupakan salah satu kesunnahan dalam berpuasa yang telah rasulullah ajarkan kepada kita untuk menyegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan makan sahur.

2.Menu buka puasa kurma atau air

Yang kedua disini juga termasuk sunnah-sunnah dalam berpuasa sebagaimana hadits rasulullah SAW
“Rasulullah SAW berbuka puasa dengan kurma basah,jika tidak ada kurma basah maka berbuka dengan kurma kering,dan jika tidak ada maka Rasulullah berbuka dengan seteguk air”HR Ahmad

Menu buka puasa yang baik adalah kurma,jika tidak ada maka berbuka dengan air dan yang lebih afdhal yaitu air zamzam,jika air tidak tersedia maka  berbuka dengan manisan-manisan yang tidak berbau api seperti anggur,susu,madu dan lain-lain.Dalam hal ini susu lebih utama dari pada madu.

Kemudian berbuka dengan menu daging,daging disini keutamaanya melebihi susu dan madu sebagaimana keterangan yang dikutib dari Kitab Hasyiah Al-Baijuri hal.562 tentang kesunnahan dalam berpuasa.

3. Menu Buka Puasa ala Nabi

Rasulullah saw, sebagai panutan, tingkah lakunya senantiasa harus kita contoh, tidak terkecuali masalah menu buka puasa.

Menu buka puasa yang paling dianjurkan adalah kurma, dengan hitungan ganjil. bisa satu, tiga dan seterusnya. Hal ini jika memang kurma telah tersedia. 

Namun, jika tidak ada maka cukup dengan air putih. Jika tidak ada, maka usahakan berbuka puasa dengan makanan yang manis dan didahulukan yang tidak dimasak. Selanjutnya bebas.

Kalau makanan yang terhitung berat seperti nasi dan lauk pauknya hendaknya dimakan setelah melaksanakan shalat magrib.

4.Berdo’a ketika akan berbuka 

Berdo’a pada waktu akan berbuka termasuk salah satu do’a yang mustajab sebagaimana hadits-hadits yang sudah masyhur dikalangan ummat muslim.

Bagaimana doa yang dianjurkan saat berbuka puasa? silahkan baca tulisan saya : 6 Amalan Sunnah Di Bulan Ramadhan

Demikianlah sedikit uraian tentang tatacara berbuka puasa yang insya’allah sesuai dengan syari’at islam sekaligus sesuai dengan sunnah nabi Muhammad SAW wallahu a’lam.

2 komentar untuk "Buka Puasa Ala Nabi Yang Perlu Diketahui"

  1. Iya tuh kang... Hehe saya sering kebanyakan makan ini itu dan ahirnya perut keras kadang juga mules... Pas solat rasa mau muntah.. Hehehe mulai besok saya akan terapkan dalam hal berbuka puasa seperti anjuran Rasulullah kang.

    BalasHapus
  2. Subhanallah ternyata makanan utama saat membatalkan puasa di waktu buka adalah air dan kurma dalam hitungan ganjil, kalau saya mah kang kalau makan kurma tidak terlalu sering karena tidak setiap hari saya sediain kurma karena ada kolak, es campur, es pisag ijo, dan lain sebagainya yang manis manis deh pokoknya.

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini