Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#InfoHaji, Gini Cara Mengetahui Perkiraan Keberangkatan Haji, Dan Sisa Pelunasan

Info Haji ~ Ibadah haji merupakan rkun islam yang kelima dan merupakan ibadah yang sangat Agung. Ibadah yang diwajibkan atas dalil surat al-Hajj 27-28, juga disebutkan dalam surah al-Baqarah ayat 197.

Gini Cara Mengetahui Perkiraan Keberangkatan Haji, Dan Sisa Pelunasan


Pelaksanaan Ibadah haji semakin tahun memang semakin sulit, karena jumlah pendaftar juga semakin banyak, sehingga antrian pemberangkatan haji juga semakin banyak.

Terlebih lagi adanya keputusan pihak arab saudi yang memangkas kuota jamaah Haji asal Indonesia, semakin menyebabkan antrian bertambah panjang.

Di Jawa Timur saja, untuk berangkat haji, jika mandaftar tahun 2016, maka diperkirakan akan berangkat 24 tahun yang akan datang, tepatnya tahun 2040.

Disisi lain pihak Kemenag dalam hal ini Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, setiap pelaksanaan haji dari tahun-ketahun masih memiliki PR banyak.

Terakhir, pada penyelenggaraan haji tahun 2016, Kinerja Kemenag mendapat sorotan dari berbagai pihak, khususnya Tim Pengawas [TIMWAS].

Hal ini disebabkan banyaknya masalah yang dihadapi para jama'ah asal Indonesia selama pelaksanaan Ibadah haji berlangsung, mulai dari fasilitas kamar mandi yang kurang, katering yang cepat basi hingga kurangnya petugas medis.


Hingga akhirnya Tim Pengawas yang dipelopori komisi DPR VIII, mengeluarkan surat rekomendasi yang berisi sembilan poin penting untuk memperbaiki kinerja Kemenag.


Nah, bagi anda yang kebetulan sudah diberi kesempatan mendaftar sebagai calon jama'ah haji, tentu berharap bisa berangkat haji dengan selamat dan nyaman, dan yang terpenting juga porsi anda juga sudah tepat.

Bagi sebagian masyarakat di pedesaan yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon jama'ah haji, mungkin kesulitan untuk mengetahui kapan perkiraan berangkat haji, tahun berapa, dan berapa kekurangan pembiayaannya.

Pada kesempatan kali ini, Galeri Kitab akan berbagi informasi penting ini  anda yang ingin mengetahui perkiraan pemberangkatan haji, dan perkiraan pelunasan pembayaran, lengkap dengan prediksi kurs dolar.

Cara Mengetahui Perkiraan Pemberangkatan Haji, Dan Prediksi Biaya Pelunasan

Sebelum mengikuti langkah atau cara ini, siapkan terlebih dahulu bukti setoran awal BPIH anda ke Bank, dimana anda menyetorkan sejumlah uang untuk pendaftaran.

Bukti Setoran Awal BPIH


Pastikan anda memiliki bukti setoran awal ini, karena sebagai bukti bahwa anda telah memiliki porsi pada kuota calon jama'ah haji. selanjutnya ikuti cara berikut :
2. Isi Nomor Porsi dengan nomor porsi yang tertera di surat bukti pembayaran

cara mengetahui porsi keberangkatan haji


3. Tekan cari, maka akan muncul laporan seperti berikut ini.

cara mengetahui porsi keberangkatan haji terbaru

Keterangan Gambar :
  • Pada kotak pertama, dijelaskan nomor porsi, nama pendaftar, kabupaten, provinsi, jumlah kuota pada kabupaten dan provinsi, serta perkiraan pemberangkatan, dengan tahun Hijriah dan Masehi.
  • Kotak kedua, berisi perkiraan pelunasan pembayaran, anda tinggal tekan Hitung sisa pelunasan, maka akan muncul kotak warna biru, yang berisi sisa pelunasan.

Sebagai antisipasi, jika anda telah mengiktui prosedur diatas, namun ternyata nama anda tidak muncul, maka segeralah bertanya kepada agen KBIH dimana anda mendaftar.


Demikian informasi tentang Cara Mengetahui Perkiraan Keberangkatan Haji, Dan Sisa Pelunasan, yang bisa kami bagikan, semoga informasi ini bermanfaat, dan menjadi wasilah ibadah haji yang mabrur. amin

Tag : InfoHaji
13 Komentar untuk "#InfoHaji, Gini Cara Mengetahui Perkiraan Keberangkatan Haji, Dan Sisa Pelunasan"

pengen banget saya naik haji.. kuotanya sedikit banget, mahal lagi..

Bismillah, semoga tahun ini bisa daftar mbak, karena antrian haji saat ini semakin panjang...

Mantap jadi memudahkan kita biar ga penasaran, makasih.

ya kang adam, silahkan dicoba asalkan sampean sudah daftar haji kang, kalau belum, jangan dcioba ya kang hehe

kalo sudah baca baca tentang keberangkatan haji, saya jadi pingin berangkatin orang tua saya pergi haji :)

Semoga para jemaah haji tahun ini menjadi haji yang mambrur amin, dan saya bisa menyusul kesana, rasanya pengin baget naik haji

Betul kang, siapa yang tidak mau memberangkatkan orang yang paling berjasa di dunia ini, yakni orang tua, untuk pergi haji?

Amin, siapa yang tidak ingin berangkat haji kang, dan menunaikan rukun Islam yang ke lima ini.

Insyaallah Bapak dan ibu saya akan berangkat haji taun 2022. Ngga tau kenapa sekarang lama sekali pemberangkatannya. dulu bapak saya hanya menunggu 1 taun. Apa sekarang sudah banyak orang yg berrezeki lebih.

Alhamdulillah, semoga ayah dan ibu mas Achmad ditakdirkan berangkat haji, ya kang sekarang memang antrian haji semakin panjang diakibatkan pemangkasan kuota dari arab saudi.

Sangat jelas sekali caranya mang,, mudah - mudahan Saya juga bisa berangkat haji..heheh :D

Sangat jeas ya kang cara ngecek nomor porsi keberangkatan haji, amin, doakan saya juga kang. Oya kang zaelani sudah ngecek?

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top