Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Cara Pasang Google AdSense Berbentuk Kotak Pencarian Di Blogspot

Google Adsense For Search (AFS) | Google Adsense memang hanya salah satu cara untuk mendulang dollar di dunia Online, karena disana masih banyak cara lain untuk mendapatkan uang melalui media online. Namun, keberadaan program Google Adsense akhir-akhir ini banyak mendapatkan perhatian, khususnya bagi pemiliki blog / website, ataupun seorang Youtubers.

Cara Pasang Google AdSense Berbentuk Kotak Pencarian Di Blogspot

Disebabkan salah satu program dari Google tersebut nyatanya memiliki tingkat profesionalitas dan bukti nyata untuk memberikan gaji kepada para publishernya, dan prosesnya-pun sebenarnya tidak sulit.

Seseoranng yang telah diterima sebagai publisher resmi Google Adsense, hanya dituntut untuk secara continue merawat dan mengisi blog dengan konten unik atau mengunggap video di youtube yang berisi kontent menarik.

Cukup efisien untuk ukuran seorang pengangguran tapi banyak pengalaman, karena dia bisa berbagi pengalaman unik pribadinya di situs blog, dengan harapan akan banyak pengunjung yang tertarik dengan tulisan tersebut.

Sementara di Youtube, cukup berburu video yang bermanfaat, selanjutnya proses editing, dan Upload video yang sudah tersebut pada chanel yang sudah ditentukan. Cukup mudah kan?

Sebagian orang saat ini sudah banyak yang meninggalkan "Blog", dan beralih ke Youtube, menurutnya, selain proses pengajuan sebagai publisher Google Adsense lebih mudah (hanya membutuhkan 5 video unik), dan waktu diterima juga cukup singkat, biasanya (biasanya hanya butuh tiga hari)

Saya sendiri sampai sekarang tidak tebang pilih, blog tetap jalan, dan di Youtube juga tidak ditinggalakan. kenapa? ya karena satu acount bisa digunakan untuk dikaitkan ke blog dan youtube.

Dan dikarenakan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan melalui blog, salah satunya penempatan iklan-iklan tertentu yang strategis. Salah satu iklan yang juga bisa mendongkrak pendapatan blog ada Google Adsense For Search. Maka tulisan ini dibuat untuk melanjutkan tulisan utama saya tentang Panduan Lengkap cara memasang Iklan Google Adsense di Blog.

Sebelum dilanjutkan, apakah Iklan Google Adsense For Search itu? dan bagaimana cara memang di Blog? berikut ini ulasan lengkapnya untuk anda.

Pengertian Iklan Google Adsense For Search

Menurut situs resminya, Google Adsense For Search merupakan untik iklan pencarian yang memungkinkan pengunjung untuk menelusuri konten yang relevan pada web atau blog, yang mana pemilik blog akan mendapatkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan atau dikunjungi.

Biasanya bentuk dari Iklan Google For Search itu berupa box atau kotak pencarian yang dipasang oleh pemilik blog pada lokasi yang strategis. berikut ini contohnya :

contoh iklan google adsense for search

Langkah Pemasangan Iklan Google Adsense For Search di Blogspot
Ada tiga langkah untuk memasang iklan jenis ini di blogspot, yang terdiri dari Tempat Hasil Tampilan, Pembuatan Unit Iklan, dan Pemasangan Kode Iklan. ikuti ketiga langkah tersebut :


1. Langkah Pembuatan Tempat Hasil Tampilan Iklan

Pada langkah pertama ini, anda harus membuat sebuah halaman khusus pada blog yang akan diberi Iklan Google Adsense For Search. Caranya?

Seperti biasa, login ke acount blog, tambahkan halaman, beri judul "Hasil Pencarian", Klik Publish, dan lihat tampilannya, serta simpan URL halamannya, paste di notepad, dan biarkan. selanjutnya menuju langkah kedua.


2. Langkah Pembuatan Unit Iklan

Langkah berikutnya, masuk ke acount Google Adsense, selanjutnya pilih My Ads, dan pilih "Custom Search Engines" kemudian Klik "New custom search engines". Lihat gambar di bawah ini :

membuat iklan baru custom search engines

Setelah itu, anda akan diarahkan pada halaman baru, yang berisi kolom yang harus diisi. Silahkan isi kolom-kolom yang disediakan sesuai keinginan kalian.

Jika bingung, beriut ini cara saya membuat Unit Iklannya :

Setting Unit Iklan Google Adsense For Search
Ketarangan Gambar :
  1. Nama, isi dengan nama unit Iklan, sementara bagian "What To Search" pilih "only sites I selecet", hal ini untuk memunculkan hasil pencarian hanya dari blog pribabadi. Masukkan satu atau beberapa URL / alamat blog yang berbeda-beda. Dan pada kolom "Keyword", isi dengan kata kunci blog anda.
  2. Centang bagian Popular queries, dan sebutkan jumlahnya pada kolom yang berada tepat di bawahnya, dengan angka yang nantinya akan menampilkan jumlah hasil pencarian.

menambah unit iklan google adsense for search

Keterangan Gambar :
  1. Pilih Custom Channels, dan tekan Creat New Custom Channel, isi nama chanel yang akan digunakan. Fungsinya, agar nanti anda bisa memantau kinerja unit iklan yang dihasilkan.
  2. Pada bagian Search Box Style, pilih tampilan Iklan Google AdSense For search yang anda inginkan, silahkan pilih salah satunya.
Pemasangan iklan Google AdSense For Search

Keterangan Gambar :

  1. Pada kolom "Text Box Leght" digunakan untuk menentukan jumlah karakter, jika anda merubah bilangan yang sudah tersedia, berarti ukuran box atau kotak semakin pendek. (bisa diatur dan disesuaikan saat pemasangan Iklan)
  2. Pada "search results", pilih dan posisikan "display results" pada "on my website using iframe"
  3. Pada kolom "URL where search results will be displayed", isikan URL halaman yang telah anda buat pada langkah pertama
  4. sebenarnya kolom "Width of results area" berfungsi untuk menentukan lebar media sebagai tempat hasil pencarian. Namun, dari hasil percobaan, ternyata nilai "800", yang sudah disediakan tidak bisa diperkecil, kecuali sampai batas 798 saja. Terakhir klik Save
Setelah melakukan proses diatas, akan muncul halaman pop-up, yang berisi tiga kolom, masing-masing berupa Search Box Code, Search Results Code, dan Popular queries Code. Perhatikan gambar berikut ini :

Box results code google AdSense Of Search
Keterangan Gambar :
  1. Search Box Code, merupakan kode yang nantinya akan dipasang di tempat Iklan Google AdSense For Search
  2. Search Results Code, merupakan kode yang nantinya akan dipasang di media menculnya hasil pencarian
  3. Popular queries Code, merupakan hasil pencarian terpopuler sesuai dengan kata kunci yang dicari melalui Google AdSense For Search.
Copy seluruh kode tersebut, dan simpan pada notepad secara terpisah, agar nanti saat langkah ketiga (langkah pemasangan), tidak terjadi kesalahan.


3. Langkah Pemasangan Kode Iklan

Setelah melakukan kedua langah diatas, dan sudah menyimpan ketiga kode pada langkah kedua, sekarang saatnya anda memasang ketiga kode tersebut dalam blog.

  1. Login Ke blog anda, masuk ke tata letak blog, add new gadget, pilih "HTML", beri judul atau tidak terserah, selanjutnya pasang kode pertama (pada langkah kedua)
  2. Pindah ke halaman yang sudah dibuat (pada langkah pertama), klik edit, dan posisikan "HTML", pasang kode nomor dua, dan nomor tiga tepat berada dibawahnya, klik simpan.

Baca Juga : cara memasang variasi Iklan Google Adsense di Postingan Blog

Untuk memastikan cara diatas dan iklan sudah berfungsi sebagaimana mestinya, silahkan lihat blog anda, dan ketik pada kolom pencarian Google AdSense For Search kata kunci di blog anda. Semoga berhasil.
Tag : Tips Blogger
4 Komentar untuk "Cara Pasang Google AdSense Berbentuk Kotak Pencarian Di Blogspot"

Ternyata simpel ya Kang..hehee

Sangat simpel kang hehehehe

saya malah baru tau kalau ada sdsense yg bentuk pencarian. makasih infonya..

Ya kang, banyak variasi untuk menampilkan Iklan Google AdSense di blog, salah satunya dalam bentuk kotak pencarian. ok kang Alul terimakasih telah mampir di blog saya

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top