Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#InfoHaji | Masjid Bersejarah Di Kota Madinah Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Bersejarah Di Madinah | Bagi jamaah haji yang memiliki kesempatan untuk menunaikan Jamaah haji maupun Umrah di mekah, tentu tidak Afdhal jika tidak mengunjungi Madinah, serta bersiarah Kemakam Rasulullah saw.

Kota tempat Rasulullah saw wafat ini, tidak hanya memiliki ikon Masjid Nabawi yang wajib dikunjungi para Jamaah, namun masih banyak destinasi tempat bersejarah lain yang bisa dikunjungi.

Berikut ini Galeri Kitab Kuning akan berbagi informasinya buat anda yang kebetulan mendapatkan kesempatan berkunjung di kota tempat tujuan Hirah Rasulullah saw.

1. Masjid Quba' 

Merupakan masjid yang dibangun pertamakali oleh baginda Rasulullah saw. saat sampai di kota Madinah. Terletak sekitar 5 km sebelah tenggara dari kota Madinah. para Jama'ah yang akan masuk masjid ini, hendaklnya memperhatikan petunjuk ataupun tulisan yang terpampang dibeberapa sudut masjid.

Masjid Quba' Madinah

Sebab, ada pintu khusus bagi laki-laki yang tentu berbeda dengan pintu masuk khusus perempuan, tentu tujuannya agar tidak terjadi percampuran antara laki-laki dan perempuan.

Terdapat sebuah riwayat, bahwa Rasulullah saw bersabda, seseorang yang telah berwudhu dan menunaikan shalat di Masjid ini, maka akan mendapat pahala setara dengan umrah. [Sunan ibn Majah, Hadits ke- 1412]

Peta Lokasi Masjid Quba'

2. Masjid Jum'ah

Penggunaan nama Jum'at pada masjid ini merupakan masjid dimana Rasulullah saw pertama kali melaksanakan Shalat Jum'at, sesaat setelah beliau Hijrah dari Kota Mekah.

Masjid Jumah Madinah

Lokasinya sekitar 900 meter, disebelah utrara dari Masjid Quba'. Atau sekitar 6 km meter dari Kota Madinah, dan saat ini masjid tersebut memiliki beberapa nama yang dikenal, yakni Masjid Al-Wadi, Masjid Bani Salim, Masjid 'Atikah Atau Masjid Al-Ghubaib.

Peta Lokasi Masjid Jum'ah

3. Masjid Qiblatain

Masih di Kota madinah, juga terdapat masjid bernama "Qiblatain", yang artinya dua arah kiblat. Sebab dimasjid inilah konon Rasulullah saw mendapat wahyu untul merubah arah kiblat dari Masjidl Aqsha di Palestina, menuju Kabah di Mekah. 

Masjid Qiblatain Madinah

Peristiwa bersejarah ini terjadi saat beliau menunaikan shalat dhuhur di masjid yang saat itu dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah pada tahun 2 Hijriyah [tahun kedua setelah Rasulullah saw hijrah] 

Dan pada saat beliau shalat turunlah wahyu yang memerintahkan Rasulullah saw untuk memalingkan arah shalatnya menuju Ka'bah.

Letaknya yang berdekatan dengan universitas Madinah, dan tepat ditepi jalan mempermudah para peziarah untuk m,enemukan lokasi masjid ini.

Peta Lokasi Masjid Qiblatain

4. Masjid Sab'ah

Merupakan masjid dimana Rasulullah saw melaksanakan shalat bersama para sahabat saat mengikuti perang khandak/ perang parit.

Masjid Sabah / Tujuh Madinah

Disebut Masjid Sab'ah yang berarti tujuh, karena masjid ini merupakan gabungan dari beberapa masjid kecil lain, yang berada disekitar lokasi tersebut, dan yang terbesar adalah Masjid al-Fath

Oleh karenanya, Masjid ini terletak dikaki gunung Sala', yang merupakan tempat terjadinya perang khandak.
Sebenarnya masih ada masjid bersejarah lainnya selain yang empat tersebut, diantaranya Masjid Salman al-Farisi, Masjid Abu Bakar al-Shiddiq, Masjid Umar bin Khatthab, masjid Ali bin Abi Thalib dan Masid Fatimah al-Zahra, dan kesemua masjid ini letaknya sangat berdekatan sehingga sangat mudah untuk dikunjungi.

Nah, demikianlah informasi tentang Masjid Bersejarah Di Kota Madinah Yang Wajib Anda Kunjungi saat mengunjungi kota Madinah. Dan berikutnya, akan kamu bagikan informasi yang tidak kalah pentingnya, dan masih berkenaan dengan situs bersejarah, yakni Empat Gunung Paling Bersejarah dalam Islam. Semoga bermanfaat.
Tag : InfoHaji
0 Komentar untuk "#InfoHaji | Masjid Bersejarah Di Kota Madinah Yang Wajib Anda Kunjungi"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top