Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Ini Dia Aliran-aliran Syiah [Penjelasan Lengkap Dengan Nama-nama 12 Imam Syiah]

Aliran Syiah ~ Berbicara tentang syiah berarti kita berbicara tentang salah satu sekte / golongan atau aliran yang mengatasnamakan Islam. Kenapa hanya mengatasnamakan Islam? ya tentu saja karena Aliran ini seyogyanya didirikan oleh salah seorang yang bernama Abdullah bin Saba' yang notabene seorang Yahudi yang mengaku-ngaku masuk Islam.


Aliran-aliran Sekte dalam Dalam Syiah

Aliran ini sejak awal memang memiliki dogma fanatisme pada Ali dan keluarganya, dan tak tanggung-tanggung dalam ajaran Syiah, melaknat sahabat lain adalah hal yang biasa, bahkan diantara mereka ada yang meyakini Malaikat Jibril keliru memberi wahyu pada Rasulullah saw.

Oleh karenanya, hal itu sekaligus sebagai bukti bahwa Syiah bukanlah termasuk dari  Islam, khususnya Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah.

Banyak sekali perbedaan syiah dengan Ahlussunnah Wal Jama'ah, penasaran? silahkan saja baca : Terbongkar, Ini 17 Perbedaan Syiah dengan Ahlussunnah Wal Jama'ah

Nah kali ini Galeri Kitab Kuning masih akan mengulas tentang Syiah, agar para pembaca bisa lebih paham dan kenal dengan aliran-aliran atau sekte di dalamnya.

Aliran-Aliran Dalam Syiah

Layaknya sebuah pemahaman yang muncul sejak lama, syiah dalam perjalan sejarahnya ternyata banyak mengalami perubahan khususnya dibidang pemahaman tentang ajaran syiah itu sendiri.

Sehingga Golongan yang saat ini bermarkas di Iran itu, setidaknya telah terpecah menjadi empat aliran, berikut ini ulasannya :

1. Aliran Syiah Khaisaniyah

Nama Khaisaniyah diambil dari nama budak Sayyidina Ali ra yang bernama Kaisan, atau diambil dari seseorang yang bernama Mukhtar bin Abi Ubaid yang ternyata juga dipanggil Kaisan.

Aliran ini mempercayai kepemimpinan Muhammad bin Hanafiyah setelah wafatnya Sayyidina Husain bin ali ra. Selanjutnya Aliran ini terpecah lagi menjadi dua, yaitu :

  • Aliran pertama, mempercayai bahwa Muhammad bin Hanafiyah tidak mati, dan hanya hilang atau ghaib, dan kelak dia akan datang kembali pada akhir zaman, mereka mengganggapnya sebagai Imam mahdi. Salah satu sekte yang masuk dalam aliran pecahan Khaisaniyah ini adalah al-Karabiyah, golongan pengikut Abi Karb al-Darir
  • Aliran kedua, Mempercayai bahwa Muhammad bin hanafiyah menginggal dunia, dan Imamah beralih kepada Abu Hasyim Muhammad bin Hanafiyah, dan yang termasuk dalam aliran kedua ini adalah sekte Hasyimiyah, sebagai pengikut Hasyim

2. Aliran Syiah Zaidiyah

Aliran ini sejatinya mempercayai kepemimpinan Zaid bin Ali bin Husain Zainal Abidin, sepeninggal Sayyidina Husain bin Ali ra.

Perbedaan mencolok, antara Aliran Zaidiyah dan Imamiyah (No. 4), Dalam keyakinan Aliran Syiah Imamiyah yang meyakini Ali bin Husain Zainal Abidin masuk dalam jajaran Imam.

Kepercyaaan tersebut bertolak belakang dengan keyakinan Aliran Zaidiyah menurutnya Ali bin Husain Zainal Abidin tidak layak dijadikan Imam, Sebab dia tidak memenuhi Syarat sebagai seorang pemimpin.

Dalam Aliran Zaidiyah, seseorang bisa diangkat menjadi seorang pemimpin atau Imam, jika memenuhi beberapa kriteria berikut ini :

  • Keturunan Fatimah binti Rasulillah saw.
  • Memiliki pengetahuan / Ilmu agama yang luas
  • Hidup Zuhud
  • Senantiasa berjihad di jalan Allah swt dengan mengangkat senjata
  • Memiliki sifat berani
Sebagai catatan, Aliran Zaidiyah ini termasuk aliran syiah yang mengakui kepemimpinan atau khilafah abu Bakar al-Shiddiq dan Umar bin al-Khatthab.


3. Aliran Syiah Ghulat

Ghulat, berarti ektrem, sesuai dengan namanya Aliran Syiah ini memiliki ciri-ciri terlalu berlebih-lebihan memuji Sayyidina Ali ra, atau Imam-imam yang lain.

Aliran ini menganggap para Imam tersebut bukanlah manusia biasa, melainkan jelmaan dari tuhan, bahkan tuhan itu sendiri.

Aliran Ghulat ini selanjutnya terpecah menjadi dua, yaitu :

  • Golongan Saba'iyah, Adalah Syiah yang dinisbatkan kepada Abdullah bin Saba', dan menganggap bahwa Sayyidina Ali ra adalah jelmaan Tuhan, dan atau tuhan itu sendiri. Golongan ini menganggap Sayyidina Ali ra. masih hidup, sementara yang terbunuh ditangan abdurrahman bin Muljam, sebenarnya orang lain yang diserupakan dengan Sayyidina Ali ra.
  • Golongan al-Ghurabiyah, golongan ini tidak se-ekstrem golongan Saba'iyah, sebab golongan ini menganggap Sayyidina Ali ra adalah manusia pilihan, hanya saja Malaikat Jibril telah keliru dalam menyampaikan wahyu, karena mereka menganggap Sayyidina Ali ra-lah yang sebenarnya utusan.

4. Aliran Syiah Imamiyah

Aliran Syiah yang terakhir adalah Syi'ah Imamiyah, yang meyakini bahwa Rasulullah saw telah menunjuk sayyidina Ali ra menjadi penggantinya, secara tegas  dan jelas, karena Imamah termasuk persoalan pokok dalam agama.

Oleh karena itu, Aliran ini tidak mengakui ke-khalifah-an yang disandang oleh sahabat Abu Bakar al-Shiddiq ra, Umar bin al-Khatthab ra, dan apalagi Utsman bin Affan ra.
Dewasa ini, Aliran Syiah Imamiyah meyakini 12 Imam yang ditetapkan oleh Rasulullah saw, sebagai penerus risalahnya. berikut ini kami sajikan dua belas Imam dalam Syiah Imamiyah :

Nama-Nama Dua Belas Imam Syiah

NONAMA Lahir - Wafat
01 Ali bin Abi Thalib ra 23 SH - 40 H
02 Hasan bin Ali al-Zaki2 H - 50 H
03 Husain bin Ali al-Syahid3 H - 61 H
04 Ali bin Husain Zainal Abidin38 H - 59 H
05 Muhammad bin Ali al-Baqir57 H - 114 H
06 Ja'far bin Muhammad al-Shadiq83 H - 148 H
07 Musa bin Ja'far al-Kazhim128 H - 203 H
08 Ali bin Musa al-Ridho148 H - 203 H
09 Muhammad bin Ali al-Jawwad195 H 220 H
10 Ali bin Muhammad al-Hadi212 H - 254 H
11 Hasan bin Ali al-Askari223 H - 260 H
12 Muhammad bin al-Hasan al-Mahdi ----

Demikianlah penjelasn tentang Aliran-aliran Syiah, yang InsyaAllah lengkap, dan tentu bisa menambah pengetahuan para pembaca tentang apa saja aliran-aliran dalam Syiah itu.
Tag : Catatan
4 Komentar untuk "Ini Dia Aliran-aliran Syiah [Penjelasan Lengkap Dengan Nama-nama 12 Imam Syiah]"

Ternyata ada banyak juga aliran dalam syiah kang

Betul kang, aliran-Aliran syiah memang banyak kang, dan banyak orang yang gak tahu

Aku aja baru tau aliran-aliran syiah kang :D

Alhmadulillah berarti tulisan ini bermanfaat

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

loading...
Back To Top
close
Panduan Downlad