Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Terbongkar Ini Pemandangan / Panorama Di Dalam Ka'bah

#InfoHaji | Sebagai orang muslim, menunaikan Ibadah Haji dengan sempuran a\merupakan sebuah impian, terlebih ibadah haji merupakan puncak dari rukun Islam. Namun tidak semua umat Islam yang ditakdirkan oleh Allah swt bisa melaksanakan Ibadah tahunan tersebut.

foto panorama pemandangan di dalam kabah

Selain dapat menunaikan Ibadah haji dengan tenang dan khusuk, Imbalan berupa pahala Haji Mabrur juga menjadi impian setiap para jama'ah haji.

Apalagi jika berkesempatan untuk singgah ditempat-tempat bersejarah, atau berkesempatan untuk mencium Hajar Aswad, apalagi bisa masuk kedalam Ka'bah, tentu menjadi kebanggan tersendiri.

Berkenaan dengan Isi dalam Ka'bah ini, kali ini Galeri Kitab Kuning, akan berbagi panorama di dalam Ka'bah yang bisa anda lihat.


Apa Definisi Ka'bah?

Ka'bah berasal dari kata benda "al-Ka'bu" dalam kamus bahasa arab memiliki banyakl arti, antara lain :

  • Setiap persendian tulang
  • Kedua mata kaki
  • Setiap sesuatu yang menjualng tinggi
  • Sifat Mulia
  • Sesuatu yang memiliki empat sisi persegi / kubus
Semantara, Ka'bah saat ini sudah menjadi Istilah bagi bangunan pertama kali yang dijadikan tempat beribadah (bukan untuk disembah) dan berfungsi sebagai arah Shalat Umat Islam diseluruh penjuru dunia.

Terletak ditengah-tengah Masjidil Haram, Bangunan persegi empat ini sudah ada sejak zaman Nabi Ibrahim, dan terus lestari hingga akhir zaman.

Dalam banyak literatur, Ka'bah sebagai Kiblat Umat Islam di Dunia, bersambung langsung dengan Kiblat para Malaikat yang bernama Baitul Makmur, di langit ketujuh.


Apa Saja Isi Ka'bah?

Ka'bah sendiri memiliki ukuran yang cukup luas, yakni panjang 13.6 meter, lebar 11.53 meter dan tinggi sekitar 13-15 meter.

Didalam ruangan ka'bah, terdapat satu ruangan berukuran sekitar 8 x 10 meter, dengan tiga tiang penyangga menjulang tinggi hingga kebagian atap.

foto keramik di dalam kabah

Keterangan Gambar : Adalah keramik yang bertuliskan lafadz "Laa Ilaaha Illallah, Muhammadurrasulullah", tepat berada di hadapan tempat Shalat Rasulullah saw, saat belioau memasuki Ka'bah.

foto tempat penyimpanan lemari dalam kabah

Keterangan Gambar : Ini adalah loker/ lemari/ tempat penyimpanan, berada diarah pintu masuk di dalam Ka'bah. Dibagian atasnya terbuat dari bahan perak khusus, dan dugunakan untuk pengharum ruangan dalam Ka'bah sesaat setelah proses pembersihan Ka'bah.

Didalam loker tempat penyimpanan ini, biasanya juga terdapat minyak wangi dari kayu wangi, dan bunga mawar secara khusus, yang digunakan untuk memberikan bau wangi pada bagian temboknya, sesaat setelah tembok Ka'bah dibersihkan dengan air Zamzam dan air bunga.

foto pintu taubat di dalam kabah

Gambar ketiga : Pintu bernama "Pintu Taubat", pintu ini bukan pintu untuk masuk kedalam Ka'bah, melainkan sebuah pintu yang dibelakangnya terdapat ruangan yang berisi tangga menuju keatas Ka'bah.

foto bagian dalam kabah

Gambar Keempat : Tiga tiang menjulang tinggi sebagai penyangga bagian atap Ka'bah. ketiga tiang ini terbuat dari kayu khusus yang dihiasi dengan Emas Murni.

Pada gambar tersebut, tampak juga "lemari/ atau tempat khusus" yang diatasnya terdapat wadah untuk memberikan bau harum dan terbuat dari perak murni. Biasanya tempat wewangian itu dipasang sesaat setelah proses pembersihan bagian dalam Ka'bah.

foto bagian atap di dalam kabah

Gambar Kelima : Dalam gambar ini terlihat tiang Ka'bah di dalam Ka'bah yang menyangga bagian atapnya. Tiang tersebut terbuat dari kayu pilihan dan dibalut dengan Emas Murni.

Sementara bagian atas didalam Ka'bah, juga diberi kiswah / baju khusus ka'bah., Dan juga terdapat beberapa wadah khusus yang terbuat dari perak, sebagai wadah untuk mengharumkan bagian dalam Ka'bah. Wadah-wadah dipasang oleh para khalifah dan para pemimpin dan raja sejak dahulu kala,

foto tempat rasulullah shalat di dalam kabah

Gambar keenam : Ini merupakan tempat Rasulullah saw melaksanakan Shalat saat memasuki Ka'bah. Di tempat ini pula para khalifah dan raja melakukan Shalat, sesaat sebelum dilakukannya proses pembersihan Ka'bah

Demikianlah Foto Pemandangan / Panorama Di Dalam Ka'bah, semoga kita masih diberi kesempatan bisa masuk ke dalam Ka'bah dan bisa melaksanakan Shalat ditempat Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

UPDATE :
Sebagai tambahan, pada informasi berikutnya, kami akan membagikan informasi penting bagi kalian yang ingin melihat bagian dalam Ka'bah dengan gambar yang lebih baik, bahkan seakan-akan kalian berada dalam Ka'bah, silahkan baca : Kini Kita Bisa Melihat Dalam Ka'bah Dengan Gambar 360 Derajat
Tag : InfoHaji, Ragam
0 Komentar untuk "Terbongkar Ini Pemandangan / Panorama Di Dalam Ka'bah"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top