Portal Informasi Islam Dan Download PDF

3 Cara Jitu Membuat Tulisan Di Blog Agar Diminati Pengunjung

Tips Blogger | Memiliki blog dengan pengunjung yang banyak dan stabil tentu menjadi impian setiap blogger, sebab hal itu mengindikasikan blognya diminati oleh pengunjung yang datang. Para pengunjung bisa menikmati informasi yang disajikan dan bisa betah untuk berlama-alama di blog.

3 Cara Jitu Membuat Tulisan Di Blog Agar Diminati Pengunjung

Salah satu strategi agar para pengunjung blog bisa betah adalah membuat tampilan blog tampak mobile friendly, para pengunjung tidak bingung, loading blog juga cepat serta yang terpenting tulisan blog cukup jelas, lugas, tidak bertele-tele dan mudah dipahami.

Berkenaan dengan strategi terakhir ini, kali ini Galeri Kitab Kuning, kembali akan berbagi sebuah tips agar tulisan yang akan ditampilkan di blog bisa memikat para pengunjung dan bisa berlama-alama. berikut ini tipsnya:

1. Buat Konten Yang Berkualitas

Untuk memastikan bahwa tulisan anda berkualitas, tentu harus dilakukan analisis terlebih dahulu. Konten berkualitas, bisa berarti :


a. Uniqe Tittle

Salah satu faktor tulisan banyak diminati adalah penyusunan judul yang membuat pengunjung penasaran. coba perhatikan contoh judul berikut ini :
"Ada seorang pria mati karena obat herbal"
"Mengerikan, Sebab Obat Herbal, Pria Ini Mati Mendadak"
Bandingkan kedua judul diatas, anda sendiri pasti akan tertarik untuk membaca artikel pada judul kedua, dibandingkan yang pertama. perhatikan lagi susunan judul dibawah ini :
"Strategi Meningkatkan Pengunjung Blog"
"Tingkatkan Pengunjung Blog Hingga 2 Kali Lipat dalam waktu lima menit"
Dari kedua susunan judul diatas, anda pasti lebih penasaran pada susunan judul kedua. 

Dari analisis penyusunan judul diatas, maka dalam penyusunan judul bisa dilakukan dengan cara berikut :
  • Gunakan judul yang lebih panjang, dan lebih spesifik
  • Bubuhi kata-kata yang bisa menggugah pengunjung dan membuat mereka tertarik dan penasaran
  • Jangan menyusun judul secara standar


b. Uniqe Content

Berikutnya, untuk membuat konten berkualitas, anda juga dituntut untuk membuat artikel yang unik. Uniqe Content maksudnya, isi topik yang ditulis masih belum banyak yang membahas, atau sekiranya memiliki hal yang berbeda dengan tulisan orang lain, misalnya analisanya lebih mendalam, serta dilengkapi dengan banyak contoh, atau bahkan disempurnakan dengan video. coba lihat contohnya DISINI

c. Rewrite Compilation And Innovation

Rewrite Compilation and Innovation, maksudnya adalah tulisan yang sudah pernah ditulis oleh orang lain, tapi bukan berarti copy-paste. Melainkan, menulis kembali dengan bahasa sendiri, dan mengubah bahasa dengan bahasa yang lebih baik, dan tentu memberikan sedikit hal yang berisi analisi dan inovasi.

Secara teknis, anda bisa lakukan pencarian pada blog dengan pengunjung yang tinggi, biasanya blog tersebut ada pada halaman pertama dan kedua pada hasil pencarian. 

Pilih dua blog atau tiga, baca topik tersebut sampai selesai, dan tulis kembali menggunakan bahasa sendiri, gunakan inovasi, misalnya membuat kategorisasi, atau dalam bentuk tabel.

Contoh Praktis :
Misalnya anda ingin membuat tutorial tentang trik BlackBerry, ketik pada pencarian "Tips BlackBerry", maka anda akan mendapati sejumlah informasi dari berbagai blog, silahkan pilih dua sampai tiga blog yang memiliki kesesuaian topik. 

Baca artikel-artikel tersebut, tulis kembali dengan bahasa anda, dengan mengkomnasikan beberapa artikel yang sudah dibaca.

2. Paragraf Tidak Panjang

Tulisan di blog, bukanlah tulisan tugas makalah di perguruan tinggi. Pembuatan makalah memiliki aturan cara penulisan ilmiah tersendiri, akan tetapi bukan berarti tulisan di blog tidak Ilmiah. 

Yang membedakan adalah, penulisan makalah biasanya menggunakan bahasa akademik, dan beda halnya dengan tulisan pada blog.

Paragrafnya-pun berbeda. Anda bisa lihat sendiri dalam tulisan sebuah tugas, paragrafnya tergolong panjang, antara satu paragraf dengan paragraf yang lain, biasanya menggunakan 5 hingga 8 baris. Ingat, cara penulisan seperti ini di blog bisa bikin pengunjung bosan. 

Pengunjung blog tidak semua minat baca, oleh karenanya, mereka ingin tulisan dengan bahasa yang ringan, dengan paragraf yang pendek, sehingga tidak membosankan.

3. Bahasa Mudah Dipahami

Pada proses penulisan, usahakan membuat bahasa yang "PALING MUDAH" dipahami. Coba perhatikan dua tulisan dibawah ini:
"Strategi meningkatkan income secara signifikan dalam waktu dekat"
"Cara meningkatkan pendapatan dengan cepat"
Bedakan kedua bahasa tersebut diatas, anda pilih yang mana? mungkin jika anda kebetulan seorang pelajar, anda dapat dengan mudah memahami tulisan pertama, tapi hal ini tidak berlaku pada pengunjung yang kebetulan ibu-ibu rumah tangga, tukang tambal ban, tukang ojek, yang kesemuanya ingin mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dalam waktu singkat.

Demikian tiga cara jitu membuat tulisan di Blog agar diminati oleh pengunjung, semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi bagi para blogger yang lain.

Sebagai Bonus :
Tag : Tips Blogger
16 Komentar untuk "3 Cara Jitu Membuat Tulisan Di Blog Agar Diminati Pengunjung"

terkadang kalo judulnya kurang menarik artikelnya jadi sedikit yang baca ya mas

judul bagaikan sebuah pintu, jika judul tidak menarik, orang sepertinya akan melihat sebuah pintu rumah yang sudah rusak, meski isinya menarik, orang enggan masuk mbak dewi...

tapi kadang2 pembaca suka terjebak juga mas, kalo judulnya terlalu berlebihan hihih gak sesuai dengan isinya :D

Nah, oleh karena itu, dalam tutorial cara membuat tulisan diminati pengunjung, saya juga beri keterangan, ulasannya harus beda dan mendalam, tidak asal lah mbak

Setuju mas, nice post :)
Terkadang kita lupa juga untuk memperhatikn apa yang di share dlm artikel ini :)

Makasi +Kang Oim blognya bermanfaat sekali

Betul kang, banyak sekali para blogger yang kebingungan, kenapa pengunjungnya kok gak betah, bisa saja faktor-faktor diatas tidak diperhatikan

Alhamdulillah, happy blogging kang

Iya setujuuu, kalo paragraf kepanjangan, bikin males baca yaaaa. Hehe. Makasi tipsnya yaaaa

makasih sharingnya, wah harus banyak belajar nih :D

Sama-sama mbak Adriana Dian.. terimakasih kunjungannya mbak, happy blogging juga

Harus mbak, harus banyak-banyak belajar mbak

Bener juga, Kalo kepanjangan jadi malas baca. Terimakasih sarungnya. Salam kenal mas.

Ya, tidak banyak yang tau soal panjangnya tulisan dalam satu paragraf, blog bukanlah sebuah makalah untuk tugas kuliah.. salam kenal juga...

Semoga saya bisa mengamalakan toga jurus jitu ini gus...

sip semangat kang.. happy blogging

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top