Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Cara Mengganti Tampilan / Template Blog Agar Tampil Responsive dan Keren

Cara Merubah Template Blog | Memiliki Blog dengan tampilan yang responsive dan keren tentu menjadi dambaan setiap pemilik blog. Sebab Blog bagaikan sbuah rumah, yang memungkinkan orang lain untuk melihat isi rumah kita. 

Cara Mengganti Tampilan / Template Blog Agar Tampil Responsive dan Keren

Jika rumah kita berantakan, apakah pengunjung akan betah? jika tata letak rumah kita membingungkan, apakah para tamu akan berkunjung kembali? atau justru mereka akan segera menekan tombol close?

Oleh sebab itu, setelah saya jelaskan bagaimana cara membangun dan membuat blog dari awal sampai akhir, kini saatnya saya bagikan cara mengganti tampilan Blog agar tampil responsive dan keren.

Sebenarnya tutorial ini sangat banyak ditemukan di blog-blog yang khusus mengulas panduan mengganti template blog, biasanya mereka membuat judul demikian :

  • Cara Mengganti Template Blog
  • Cara Merubah Template Blog
  • Cara Merubah Tampilan Blog
  • Cara Mengganti Tampilan Blog
Namun sayang tidak semua tutorial ini menjelaskan fungsi dari perubahan itu, hal ini bisa disebabkan tulisan tersebut ditulis sudah lama, dan belum mengikuti perkembangan blog itu sendiri.

Nah, karena sejak awal tutorial ini mengulas cara membuat blog menggunakan Blogspot, oleh karenanya kami akan memberikan cara merubah template blog berplatform Blogspot.

Catatan Penting
Jika kebetulan blog anda sudah lama berjalan, pengunjungnya sudah banyak, maka saran kami jangan tergesa-gesa mengannti template, sebab hal itu dapat menyebabkan menurunnya visitors [pengunjung]. terus bagaimana?

Sebaiknya, anda perbaiki template blog yang ada, tanpa merubah template secara kesuluruhan. Percaya deh, template blog anda mungkin keren menurut pengunjung, meski bagi anda sendiri tidak keren hehehe.

Rumput tetangga lebih hijau dari rumput dihalaman sendiri

Kami anggap anda adalah pemula dalam dunia blogging, biasanya blog masih memiliki tampilan yang sangat sederhana.

Sebelum dilanjutkan, dalam dunia blogging ada dua istilah yang sering dipakai untuk mode template blog, yakni Mobilefriendly dan Responsive. Apa sih perbedaan dari keduanya?

Meski banyak yang menyamakan antara Mobilefriendly dan Responsive, namun sejatinya kedua istilah ini berbeda.

Mobilefriendly, artinya tampilan blog tersebut bersahabat dengan handphone, ponsel pintar atau smartphone. 

Sementara Responsive berarti tampilan blog dapat merespon dan sesuai dengan tata-letak khusus saat ditampilkan diberbagai perangkat / device, baik smartphone, tablet maupun pc dan komputer.

Jadi bisa disimpulkan, blog yang responsive sudah tentu Mobilefriendly, dan tidak sebaliknya. Karena mungkin saja blog yang mobilefriendly, ternyata tidak responsive.

Artinya, pada tampilan seluler, ada beberapa widget yang tidak tercover, bahkan ada yang hilang, sementara blog yang responsive akan menyesuaikan diri dengan tampilan apapun.

Setelah anda paham betul tentang kedua istilah ini, maka kami yakin anda paham kenapa kami membuat judul diatas, ya sebab responsive sudah pasti mobilefirendly dan tidak untuk sebaliknya.

Ok, kembali ketopik, lantas bagaimana langkah-langkah mengganti template blog agar responsive? sebab jika kalian baru saja membuat blog, maka tampilannya masih dalam mode default, dan menggunakan template bawaan blogger, seperti di bawah ini :

Tampilan Dasar Blogger

Nah, agar blog anda bisa tampil responsive, maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih Template Responsive

Sebelum memulai, anda harus sudah memiliki template yang keren dan gaya, tentunya untuk mendapatkan template ini tidak semua gratis, anda bisa membeli melalui berbagai penyedia template, misalnya template yang dibuat dan dikembangkan oleh Arlina Design

Apakah anda tidak punya banyak budget untuk membeli template berbayar? ok, silahkan anda cari sendiri di google, ada banyak sekali template blog blogspot yang gratis.

Dan berikut ini beberapa penyedia template blog blogger gratisan yang bisa anda unduh secara gratis:


Akan tetapi tentu ada beberapa keunggulan pada template berbayar dibandiungkan template yang gretongan. dan secara umum, berikut ini perbedaan blog template berbayar dan gratisan:


ITEM TEMPLATE PREMIUM TEMPLTE GRATISAN
Kelengkapan CSS/ HTML Lengkap Tidak Lengkap
Responsive Ya Tidak/ Biasa
Tampilan Ringan Berat
Kredit Link Boleh Diganti Tidak Boleh Diganti
Kepemilikan Penuh Tidak Penuh
Customers Services Ya Tidak

Nah, pilihan ada ditangan anda, apakah anda ingin membeli template atau lebih memilih template yang gratis. Tapi saran saya, jika anda memang serius menekuni dunia blogging mending beli template saja.

Namun jangan memaksa, jika memang anda tipe orang yang suka gratisan, bukan berarti tampilan blog anda tidak bagus, asalkan paham edit HTML, anda bisa memodifikasi template gratisan, layaknya tampilan profesional.

2. Langkah Pergantian Template Blog

Setelah menemukan template yang dirasa sudah cukup baik, silahkan ambil kode HTMLnya. biasanya jika anda sudah memiliki template [baik gratisan maupun yang berbayar], template tersebut masih berupa kode-kode unik.

Selanjutnya copy kode tersebut, dan silahkan login di blogger, tepatnya di blog yang akan diganti templatenya.

Pada tampilan utama Blogger, silahkan menuju "template", dan tekan "HTML" [Jika anda hanya ingin mencoba template baru, silahkan simpan dahulu kode HTML template anda yang lama]

Lanngkah Mengganti Template Blog Responsive

Selanjutnya akan tampil kolom yang berisi kode-kode HTML blog anda, dan silahkan ganti kode tersebut dan paste-kan kode HTML kode yang baru. lalu tekan save/ simpan. silahkan lihat bagaimana tampilan blog anda.

Bagaimana cara Cek Template Responsive?

Untuk memastikan bahwa blog anda sudah responsive, ada banyak tools untuk mengeceknya. Salah satunya dengan memanfaatkan tools yang sudah disediakan oleh pihak Google sendiri. Silahkan cek pada link ini : Google Mobile-Frendly Test

Jika kesulitan, pakai tools test yang disediakan Bing, silahkan menuju link berikut : Mobile Friendliness Test Tool

Jika tampilan blog anda seerti dalam gambar berikut, berati blog anda sudah dinyatakan responsive dan keren.

Mengganti Template Blog Responsive

Nah, demikianlah Cara Mengganti Tampilan / Template Blog Agar Tampil Responsive dan Keren, ikuti terus tulisan ini, karena belajar ngeblog secara gratis masih akan berlanjut. Happy Blogging.
Tag : Tips Blogger
2 Komentar untuk "Cara Mengganti Tampilan / Template Blog Agar Tampil Responsive dan Keren"

Infonya bermanfaat bgt nihh.. thanks ya

Alhamdulillah semoga bermanfaat ya mbak amelia

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top