Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Download Kitab Hadits Paling Sering Dipelajari Di Pesantren

Kitab Hadis Di Pondok Pesantren | Banyak yang tidak tahu bahwa pesantren bukan hanya tempat mendidik santri berakhlak mulia, namun juga sebagai tempat mempelajari ilmu-ilmu agama yang cukup tinggi.

Download Kitab Hadits Paling Sering Dipelajari Di Pesantren

Ketuntasan dalam mempelajari ilmu-ilmu agama tersebut tidak hanya sebatas teori belaka, salah satu contoh dibidang Ilmu Nahwu, banyak para santri yang tidak hanya mahir dalam membaca Kitab Kuning, bahkan diantara mereka banyak yang sudah mampu menyusun karya dalam bahasa Arab.

Termasuk Ilmu Hadis, bukan hanya mempelajari matan hadist saja, namun juga diajarkan Ilmu Mustalah Hadis bahkan sebagian pesantren saat ini sudah ada yang mengkaji studi kritik hadist.

Hal ini membuktikan bahwa Pondok Pesantren memang layak diberi predikat, lembaga Pendidikan Terbaik Sepanjang Sejarah Indonesia.

Nah jika sebelumnya sudah kami paparkan beberapa disiplin ilmu tertentu yang sering dipelajari di pondok pesantren, Kitab Fikih yang paling sering DiPelajari Di Pondok pesantren, maka pada kesempatan kali ini akan kami lanjutkan dengan Kitab-Kitab hadis yang paling sering dipelajari Di Pondok pesantren. Apa sajakah itu? berikut ini ulasannya.

Kitab-Kitab Hadist Yang Paling Sering Dipelajari oleh Santri Di Pesantren

  1. Kitab Arba'in Nawawi [lengkap Dengan Syarahnya, yang ditulis oleh Ibnu daqiq al-'Id], al-Imam al-Haitami juga mengarang Syarah Kitab Hadist al-Arbain Nawawi ini dengan judul : Fathul Mubin 
  2. Riyadhus Shalihin, yang disusun oleh al-Imam Nawawi, yang sekaligus pengarang kitab fikih terkenal Kitab al-Majmu'
  3. Bulughul Maram [disusun oleh al-Imam Ibnu Hajar al-'Asqalani, sekaligus pengarang Kitab Fathul Bari Syarah Shohih Bukhori], Kitab ini [bulughul maram] memiliki kitab Syarah bernama Kitab Subulussalam yang ditulis oleh Muhammad bin Isma'il al-Shan'ani
  4. Kitab Abi Jamrah [Makna Jawa], yang dikarang oleh Muhammad bin Ali Assyafi'i
  5. Tajridusshorih, Disusun oleh al-Imam al-Zabidi
  6. Enam Kitab Matan Hadits, yang terdiri dari :
Selain kitab-kitab hadits tersebut diatas, terdapat pula kitab hadits lain yang acapkali dijadikan bahan ajar di pondok pesantren, namun tidak umum. Antara lain kitab hadits Karya Imam Ahmad bin Hanbal yang dikenal dengan Musnad Imam Ahmad dan Kitab Muwattha', yang InsyaAllah link downloadnya menyusul.

Nah demikianlah beberapa kitab Hadits yang paling sering dipelajari dan diajarkan di pondok pesantren di indonesia, dengan demikian mulai saat ini kita tidak boleh ragu lagi dengan peran Pondok pesantren dalam mengawal pendidikan generasi Islam ini. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Download Kitab Hadits Paling Sering Dipelajari Di Pesantren"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top