Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#InfoHaji | Inilah Buah Tangan Khas Ibadah Haji dan Umroh

Info Haji | Buah tangan atau oleh-oleh seakan menjadi sesuatu yang wajib ada untuk dibawa pulang dari perjalanan jauh. Buat apa? Selain untuk berbagi-bagi pada yang di rumah juga untuk mengenang tempat yang telah dikunjungi.
Oleh-oleh khas ibadah Haji dan Umroh


Haji dan Umroh menjadi ibadah dan wisata religi sekaligus. Setelah usai melakukan rangkaian acara ibadahnya, jamaah banyak yang berkeliling untuk memburu souvenir-souvenir khas Arab. Ya, tentunya tiap tempat harganya tak sama.

Bicara soal oleh-oleh, banyak sekali macam barang yang bernuansa Arab. Tapi, apakah semua macam itu dibeli? Tak mungkin. Jamaah harus pintar-pintar memilih barang mana yang hendak dijadikan oleh-oleh.

Berikut Galeri Kitab Kuning berbagi info tentang oleh-oleh khas Arab yang sering dibeli jamaah ketika pulang haji dan umroh.

1. Air Zamzam

Jamaah hanya perlu mengeuarkan sekitar 5 real untuk botol berisi 10 L air zamzam. Jika membeli di perusahaan Zamazimah, daerah Kuday, Bersebelahan dengan tempat bus jamaah berparkir.

Real itu bukan untuk membeli airnya, tapi uang itu dibayarkan untuk mengganti botolnya. Jika membeli di tempat lain, harganya mencapai 10-15 real.

Air zamzam memiliki keistimewaan dibanding dengan air apapun yang lain. Diantaranya adalah menyembuhkan penyakit dan mengandung berkah bagi peminumnya. Yang Galeri Kitab Kuning beberapa pekan lalu membahas tentang Fakta mengagumkan air zamzam.

2. Kurma dan Anggur Arab

Buah yang ngehits di bulan Ramadhan ini sudah pasti dijumpai di rumah orang yang baru datang dari haji atau umroh.

Walaupun di Indonesia sendiri sudah banyak yang menjual, tapi kalau tidak beli yang dari Arab asli, rasanya kayak kurang afdlol.

Salah satu jenis kurma yang tumbuh hanya di tanah Madinah adalah Kurma Ajwa atau dengan kata lain kurma Nabi. Lebih mahal memang. Karena lebih besar daripada kurma yang lain. Juga dikatakan dalam hadith bahwa kurma itu mampu menolak racun yang menyerang tubuh.

3. Tasbih dan Sajadah

Banyak jamaah yang membeli kedua barang ini dengan jumlah yang banyak. Oleh-oleh itu nantinya diberikan pada orang-orang yang bertamu ke rumahnya.

Tasbih dan Sajadah yang dijual di Mekah atau Madinah berasal dari berbagi daerah. Seperti dari Turki, Kebanyakan, ada juga yang made in Arab dan Cina.

4. Siwak

Sikat gigi tradisional yang biasa digunakan oleh Nabi SAW. Siwak terbuat dari kayu Arok yang tumbuh di daerah Timur Tengah.

Penjual siwak mudah dijumpai di sekitaran jalan. Jadi jamaah tidak kerepotan mencarinya, tinggal hanya mencari mana tempat yang harganya lebih murah.

5. Kacang Arab

Camilan ini sering diborong karena harga yang terjangkau. Ada dua jenis kacang yang sering dijumpai, yakni yang kecil, berkulit kasar dan agak gelap bernama kacang desi. Dan kacang kabuli dengan bentuk fisik serba kebalikannya. Juga tentu harganya lebih mahal.

Selain kedua jeinis itu juga ada yang bukan berasal dari Arab, Kacang Almond. Namun banyak juga jamaah yang membeli kacang jenis ini sekedar untuk oleh-oleh.

6. Buah Tin

Buah tin atau sering disebut dengan buah ara. Buah Tin yang dijual keseringan adalah yang sudah kering dan terbungkus. Karena buah ini jika dipetik dan tidak segera diolah akan cepat rusak.

Penjual buah tin, biasanya, menyediakan bersama dengan minyak zaitun. Keduanya pernah disebut dalam salah satu ayat: Wattiini Wazzaituun.

7. Roti Ma’moul

Rasa yang Lezat tapi sayang, banyak jamaah yang belum mengetahui. Roti ini berisikan kurma yang dibungkus roti renyah dan empuk. Biasanya dijual di Mal-mal atau toko penyedia oleh-oleh khas Arab. Dengan harga sekitar 60 ribuan jika dirupiahkan.

Ya, itulah informasi dari Galeri Kitab Kuning seputar Oleh-oleh Khas Ibadah Haji dan Umroh. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan Ibadah Haji/ Umroh.
Tag : InfoHaji
0 Komentar untuk "#InfoHaji | Inilah Buah Tangan Khas Ibadah Haji dan Umroh"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top