Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Cara Cepat Mendaftarkan Metadata Blog Ke Google Search Console / Webmaster Tools

Persaingan antar blogger agar cepat terindeks oleh Google, semakin hari semakin ketat, terutama untuk meraih posisi di page one, pada mesin pencari nomor wahid tersebut.

Mendaftarkan Metadata Blog Ke Google Search Console

Bahkan tak jarang diantara mereka berani menggunakan cara curang seperti spamming, menggunakan tools backling berlebihan.

Akibatnya, bukan page one yang mereka dapatkan pada blognya, namun justru blognya masuk ke shanbox google, dan tidak pernah muncul di mesin pencari.

Google sendiri sebenarnya memberikan fasilitas yang bernama google search console, atau webmastertools, agar blog kita secara bertahap dan continue bisa dibaca dengan baik oleh alat pencari, sepertihalnya pada serach engine yang lain, misalnya "bing"

Lantas apa gunanya blog didaftarkan ke fasilitas tersebut?


Manfaat Mendaftarkan Blog di Google Serach Console

Perlu dipehamai bahwa, google lebih senang jika pengunjung blog, tidak melulu dari hasil share URL pada media sosial, seperti facebook, twitter, ataupun pada aplikasi pesan instan. Kenapa?

Sebab pengunjung dari hasil membagikan URL tersebut tidak bersifat continue, akan tetapi bersifat sementara, sehingga traffic blog, menjadi tidak stabil.

Sebab, pengunjung akan membludak saat kita membagikan artikel, dan akan sepi saat kita tidak melakukan share.

Yang lebih fatal lagi, aktifitas share artikel yang berlebihan, setidaknya akan berakibat dua hal berikut, yaitu :
  1. Shanbox , Artinya blog kita akan dianggap spam, dan google akan menjatuhkan sanksi, sehingga blog tidak bisa tampil di mesin pencari, melainkan dicekal dan ditaruh dalam kandang.
  2. Boom Clicks, Bagi pemain Google Adsense, tentu tidak aman, sebab bisa saja ada klik iklan yang tak wajar, dari pengunjung yang tiba-tiba membludak.



Dari manfaat yang begitu penting tersebut, kiranya anda sudah bisa memahami alasan kenapa anda harus segera mendaftarkan blog anda ke mesin pencari, yang biasa diistilahkan dengan submit blog.


Langkah-langkah pendaftaran Blog ke Google Search Console


  1. Login dengan akun blog anda, ke Webmaster Tools
  2. Klik Add Property, dan masukkan alamat website / blog anda.
  3. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman yang berisi metode verifikasi, pilih Tag HTML [jangan tutup halaman ini]
  4. Copy kode unik yang biasanya didahului dengan <meta name=, ke template anda.
  5. Buka halaman baru, dan silahkan menuju ke edit template, Paste / pasang kode tersebut di bawah </head>, biasanya berada di bawah meta yang pertama atau yang kedua, terserah anda, tekan save
  6. Silahkan kembali menuju halaman kode tadi, dan tekan verifikasi, sampai ada notifikasi sukses, seperti gambar berikut ini, selanjutnya tekan lanjutkan.

sukses daftar webmaster tools

Pada tahap ini, blog anda sudah terdaftar di webmaster tools, apakah sudah selesai? belum, anda harus melakukan submite sitemap. Apa Itu?

Submit Sitemap merupakan cara mempersilahkan google untuk merayapi atau crawl seluruh metadata blog yang kita kelola, sehingga mesin pencari dengan mudah mengindex dan membaca, untuk selanjutnya dipasang di mesin pencari.

Sebelumnya saya sudah menjelaskan langkah-langkah berikutnya, tepatnya pada tulisan Cara Singkat Submit Sitemap Blog di Google Search Console

Nah, demikian tulisan singkat tentang cara mendaftarkan Blog di mesin pencari google, semoga tulisan ini bermanfaat. jika ada pertanyaan, silahkan tuli di komentar ya.
Tag : Tips Blogger
2 Komentar untuk "Cara Cepat Mendaftarkan Metadata Blog Ke Google Search Console / Webmaster Tools"

kebetulan blog satunya lagi belum didaftarkan ke metatag dan webmaster tool nih..langsung praktekin ah mumpung sadar

Mumpung lagi insyaf ya mang hehehe

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top