Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Cara Paling Singkat Submit Sitemaps Blog Ke Google Search Console / Webmaster Tools

Memiliki banyak traffic tentu menjadi impian setiap pemilik blog, terutama visitor natural, bukan dari hasil share link melalui media sosial, atau media directori instan, seperti salah satu cara cara para pemburu pengunjung blog saat ini.

Cara Submit Sitemaps Blog Di Google Console

Mengapa? Sebab pengunjung yang tidak natural, hanya bersifat sementara dan sesaat, bedahalnya jika pengunjung natural, dan datang dari mesin pencari, maka traffic yang didapat oleh sebuah blog, relatif stabil, meski jarang meng-update tulisan di blog.

Sementara itu, persaingan di mesin pencari saat ini semakin pesat, para blogger berlomba-lomba agar tulisannya bisa masuk page one di search engine, khususnya Google.

Namun banyak diantara mereka yang tidak tahu, bahwa google sendiri memiliki fasilitas bagi para blogger, untuk mendaftarkan URL link tulisannya di blog.

Apa Manfaat Submit Blog Ke Mesin Pencari?

Submite Sitemaps, artinya kita mempersilahkan mesin pencari untuk merayai data situs blog. Dengan begitu, mesin pencari segera memasukkan pada algoritma tertentu dan menampilkannya di pencarian.

Sebenarnya, tanpa kita melakukan submit sitemaps ini, google secara perlahan-lahan pada akhirnya merayapi blog yang kita kelola, namun sayang hal tersebut tidak secepat saat kita melakukan submite sitemaps.

Dan pada kenyataannya, proses submite sitemaps blog ini juga memiliki manfaat penting lainnya, yakni sebagai pemantauan posisi publikasi tulisan kita di mesin pencari, baik dari segi kata kunci, jumlah klik dan lain sebagainya.

Dengan manfaat penting tersebut, kiranya kami tidak salah membuat panduan ini, sebagai bentuk rasa tanggung jawab saya sebagai blogger, agar terus berusaha berbagi hal yang bermanfaat.

Cara Singkat Submit Sitemaps Blog Ko Google Search Console / Webmaster Tools

Dahulu, fasilitas google untuk mempersilakan mesin pencari ini, diistilahkan dengan webmastertools, namun kini istilah tersebut berubah menjadi Google Search Console, yang pada hakikatnya sama saja.

Ok, untuk melakukan submit sitemaps blog, silahkan ikti langkah-langkah berikut ini :

  1. Kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/
  2. Login dengan akun anda
  3. Pilih blog yang akan di submit sitemaps-nya, jika memang blog sudah pernah didaftarkan. jika belum, silahkan Klik "TAMBAHKAN PROPERTY", selanjutnya baca tulisan saya tentang Cara Daftar Blog Ke Webmaster Tools
  4. Pada dashboard, pilih crawl / perayapan, dan pilih sitemaps / peta situs
  5. Pada bagian kanan, pilin Add/ Test Sitemaps
  6. Masukkan kode-kode berikut secara berurutan, pada kolom yang disediakan. dan tekan submit, dan refresh
  • sitemap.xml
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
Catatan :
  • Masukkan kode pertama dan kedua, jika postingan blog anda kurang dari 100
  • Tambahkan kode ketiga jika postingan anda telah mencapai ratusan, namun masih di bawah 500
  • Tambahkan kode ke empat, saat potingan anda mencapai lebih 500, dan selanjutnya setiap kelipatan 500.
Selamat, jika anda sudah melakukan cara submit sitemaps blog anda diatas, berarti anda sudah mempersilahkan mesin pencari untuk membaca tulisan dan metadata blog anda. 

Dengan demikian, secara otomatis data-data dalam blog anda dapat dengan mudah ditampilkan di pencarian, yang artinya akan lebih banyak visitor natural pada blog anda.
Tag : Tips Blogger
0 Komentar untuk "Cara Paling Singkat Submit Sitemaps Blog Ke Google Search Console / Webmaster Tools"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top