Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#InfoHaji | Fakta Mengagumkan Air Zamzam [Salah Satu Air Terbaik Di Dunia]

Air Zamzam merupakan air yang sangat terkenal dan menjadi salah satu bukti kekuasaan Allah swt. Meski air ini berada di kawasan tandus, tepatnya mekah, Arab Saudi. Sebuah kawasan yang tandus, hingga nyaris mustahil memiliki kandungan sumber air yang melimpah, ternyata Air Zamzam yang secara historis muncul setelah tendangan ketanah oleh putra pasangan Nabi Ibrahim dan Siti Hajar, yang bernama Nabi Ismail.

Fakta Tentang Air Zamzam

Ditinjau dari bahasa, Zamzam sendiri berarti melimpah atau banyak, maka tidak heran air yang menjadi primadona oleh-oleh para jama'ah haji saat mengunjungi mekah ini, hingga sekarang masih mengalir dengan deras, meski sudah diminum puluhan hingga jutaan umat Islam dari seluruh penjuru dunia setiap tahunnya.

Namun sayangnya, hingga sekarang tidak banyak orang yang mengetahui keistimewaan, manfaat atau khasiat dan hal menabjubkan lainnya yang terkandung dalam air Zamzam ini.

Rata-rata, kebanyakan dari kita hanya mengetahui bahwa Air Zamzam adalah air yang berada di Mekah, dan mujarab, itu saja tidak lebih.

Maka pada #InfoHaji kali ini, tidak ada salahnya kami akan berbagi berbagai macam fakta mengagumkan seputar Air Zamzam, yang menyandang gelar Air Terbaik Di Dunia. Berikut informasinya buat anda :


Fakta-Fakta Mengagumkan Air Zamzam

1. Air Zamzam berumur 3500 tahun lebih.

Tahukah kalian bahwa air zamzam saat ini sudah berumur kurang lebih 3500 tahun, Sebab, jika merujuk pada awal kali muncul sumber ini, pada saat Nabi Isma'il As lahir, sekitar 1779 SM, maka air Zamzam sudah berumur 3850 Tahun.

2. Kandungan Air Zamzam Menurut Ilmu Pengetahuan Modern

Adalah Dr Hamdi Saif, seorang ilmuan dari Alexandria University, menemukan fakta mengejutkan prihal Air Zamzam. 

Melalui penelitiannya dibidang Kimia dan Fisika disimpulkan bahwa Air Zamzam memiliki kandungan seimbang elektrolit yang nyaris sempurna dan tidak ditemukan pada air dimanapun di muka bumi ini.

Selain sangat alami, Air Zamzam juga sangat murni dan terbebas dari mikroorganisme patogen, atau kuman dan bakteri.

Ilmuan lain dari jepang, Dr Masasro Imoto, melalui penelitiannya menggunakan teknik Nano, diketemukan bahwa Air Zamzam tidak bisa dipengaruhi oleh air lain, namun justru air lain bisa dipengaruhi oleh kandungan air Zamzam.

3. Tidak ada Expired [Kadaluarsa] Pada Air Zamzam

Disebabkan kualitas Air Zamzam yang murni, higenis, alami dan jernis, serta terbebas dari berbagai molekul, atau kuman serta bakteri, sehingga air ini tidak ada kadaluarsanya.

Hal ini terbukti hingga sekarang sumur air Zamzam tidak ditumbuhi oleh lumut yang biasa tumbuh pada sumur-sumur lainnya.

4. Khasiat Air Zamzam dan Korelasinya Dengan Hadits Rasulullah saw.

Banyak sekali tulisan yang menjelaskan tentang khasiat air zamzam, baik secara medis maupun ditinjau dari agama.

Hal tersebut berkesesuaian dengan berbagai macam riwayat dari rasulullah saw. khususnya tentang khasiatnya pada kesehatan.

Salah satu hadits yang masyhur adalah, hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah saw bersabda :

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ، فِيْهِ طَعَامُ الطَّعْمِ، وَشِفَاءُ السَّقْمِ

Sebaik-baiknya air di muka Bumi adalah Air Zamzam, didalamnya terkandung [zat] yang mengenyangkan dan obat bagi penyakit

Penelitian terakhir menyebutkan bahwa Air Zamzam memiliki kandungan zat fluorida atau zat anti kuman yang bisa menjadi obat bagi bebagai penyakit.

Oleh sebab itu, salah satu kesimpulan yang ditemukan oleh Dr Hamdi Saif, Air Zamzam bisa menjadi obat bagi gangguan ginjal,  paru-paru, penyakit mata, migrain dan penyakit lainnya.


Selain itu juga terdapat dua kandungan mineral istimewa yakni kalsium dan magnesium. Keduanya berkhasiat menumbuhkan kebugaran dan semangat baru.

Oleh karena itu, para Jama'ah yang kelelahan saat melaksanakan ibadah, sangat dianjurkan untuk senantiasa minum Air Zamzam agar staminanya kembali bugar.

5. Doa Peminum Air Zamzam Mudah Terkabulkan

Selain manfaat secara medis, secara religius, air Zamzam juga memiliki keistimewaan lain, yakni doa peminumnya mudah dikabulkan.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah saw, yang diriwayatkan oleh Jabir dan Ibnu Abbas. Bahwasanya Rasulullah saw. bersabda :

مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ

Air Zamzam,. tergantung tujuan atau niat meminumnya"

Sehingga saat minum air Zamzam, kita sangat dianjurkan untuk berdoa, dan memiliki keinginan dalam hati, dengan harapan semoga keinginan kita bisa terkabulkan.


Nah demikian informasi lengkap tentang Fakta Mengagumkan Air Zamzam yang bisa saya bagikan, jika anda merasa mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat dari artikel ini, tidak ada salahnya untuk dibagikan keteman-teman anda.

Tag : InfoHaji
2 Komentar untuk "#InfoHaji | Fakta Mengagumkan Air Zamzam [Salah Satu Air Terbaik Di Dunia]"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top